Sukses

Lifestyle

7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email'

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang menggunakan surat elektronik atau email, mulai dari urusan pribadi hingga urusan kantor. Meskipun sering menggunakannya, banyak orang yang lupa untuk melakukan beberapa hal. Sehingga pekerjaanmu jadi enggak efektif dan hanya membuang-buang waktumu saja.  

#1

7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email' | via: huffpost.com

Kamu lupa untuk selalu memmeriksa kembali alamat tujuan. Sehingga sering kali surat elektronik yang kamu kirim gagal. Atau memang terkirim tapi salah tujuan. Hal ini bakal memakan waktumu untuk kembali lagi mengirim email yang sama kepada orang yang benar. 

#2

7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email' | via: qualigence.com

Kamu lupa kalau ruang untuk menyimpan surat masuk dan keluar hampir enggak terhingga. Sehingga kamu sering banget menghapus email yang kamu pikir sudah enggak berguna. Tapi beberapa minggu kemudian kamu baru sadar ada informasi penting di dalamnya. Dan kamu baru saja kehilangan hal berharga. 

#3

7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email' | via: mix1041.cbslocal.com

Kamu lupa kalau enggak semua orang punya Internet berkecepatan tinggi sepertimu. Sehingga ketika mereka menerima surat dengan file berukuran besar, sering kali gagal diunduh. Akhirnya kamu bakal dikomplen atau diminta untuk mengirim ulang dengan ukuran file yang lebih kecil. 

#4

7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email' | via: blog.pcragency.com

Kamu juga lupa kalau enggak semua orang ingin menerima pesanmu. Tapi kamu sering menekan tombol send all. Orang yang enggak terlalu berkepentingan dengan isi suratmu pastinya bakal terganggu. 

#5

7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email' | via: businessinsider.com

Kamu sering banget forward surat yang kamu terima kepada orang lain, tapi tanpa penjelasan di atasnya. Nah, tanpa adanya penjelasan singkat, orang yang menerima bakal berpikir kenapa kamu mengirimkan surat tersebut. Selain membuat orang lain bingung, kamu juga bakal kelihatan malas. 

#6

7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email' | via: businessinsider.com

Sering banget orang membuat signature sign. Dan kamu memang diperbolehkan untuk membuatnya sekreatif mungkin dan sesuai dengan seleramu. Tapi kamu lagi-lagi lupa, enggak semua orang suka apa yang kamu suka. Jadi sebaiknya jangan terlalu banyak 'hiasan' ketika kamu membuat signature sign. 

#7

7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email' | via: businessinsider.com

 Kamu mungkin berpikir, mungkin saja orang ingin membaca apa yang kamu tulis, gambar, atau lainnya. Jadi kamu mengirmkannya kepada mereka melalui email. Sesering mungkin dan sebanyak mungkin. Tapi kamu lupa, spamming selain merendahkan kualitas etika dan kesopananmu, kamu juga bisa di-block. 

Nah, itu dia tujuh hal sering banget kamu lupakan ketika menggunakan email. Meskipun tujuh hal ini enggak termasuk dalam aturan tertulis, tapi kalau kamu lupakan bakalan menghabiskan banyak waktumu. Sehingga pekerjaanmu menjadi enggak efektif. 

 

Baca juga: 15 Etika Dasar yang Sering Kamu Lupain

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading