Sukses

Lifestyle

5 Trik untuk Mengingat Semua Hal yang Pernah Kamu Baca

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau membaca jadi salah satu cara supaya mengetahui banyak hal. Menekuni barisan kalimat di tiap halaman yang kamu simak dengan penuh perhatian. Memahaminya dengan berbagai perspektif yang bisa saja berbeda dengan orang lain.

Membaca itu persoalan mudah, namun mengingat apa yang sudah dibaca jadi satu hal yang lumayan sulit. Tentu saja kamu punya batas dalam hal ingatan. Ada yang bisa diingat dalam waktu lama, atau bahkan langsung dilupakan begitu saja. Supaya bisa mengingat dengan baik apa saja yang pernah dibaca, ikuti trik-trik berikut ini.

Tandai bagian-bagian penting. Jangan membaca tanpa menggarisbawahi satu-dua hal yang penting. Kamu bisa gunakan alat tulis untuk menandakannya. Sehingga, rangsangan untuk mengingat hal tersebut jadi lebih besar.

Tanyakan intisari buku pada diri sendiri. Setelah membaca satu chapter ataupun sebuku penuh, jangan lupa tanyakan intisari tersebut pada diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa terus mengingat secara garis besar akan ide buku tersebut.

Perhatikan awal kalimat. Bukan berarti kamu hanya membaca kalimat awal, namun dengan memperhatikan kalimat pertama, kamu sudah mendapatkan gambaran dari material buku tersebut. Mudah memahami membuatmu jadi lebih mudah untuk mengingatnya,

Buat dirimu terkesan oleh isi buku tersebut. Kalau punya kesan baik akan satu hal, tentu kamu akan mengingatnya dengan lebih mudah. Hal itu juga berlaku bagi buku bacaan. Topik yang membuatmu tertarik akan mempermudah proses mengingat akan esensi buku tersebut.

Membaca dengan suara nyaring. Dengan begitu, kata per kata yang kamu baca bisa diingat dengan baik. Kecepatan membaca yang cenderung menurun bisa membantumu ingat akan topik-topik penting yang dibahas di dalam buku.

Setelah mengetahui trik-trik untuk mengingat berbagai hal yang sudah kamu baca, semoga pengetahuan itu bisa diaplikasikan dengan baik. Kalau kamu pernah membaca trik lain untuk punya ingatan lebih baik akan berbagai hal yang pernah dibaca, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: 5 Alasan Paling Tepat untuk Membaca Buku dengan Suara Lantang

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading