Sukses

Lifestyle

Kamu Wajib Tahu Bahwa 1 Oktober Adalah Hari Kesaktian Pancasila

Fimela.com, Jakarta Setelah memperingati tragedi Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI), pada hari ini, tepatnya 1 Oktober masyarakat Indonesia kembali diingatkan tentang perjuangan para pahlawan bangsa lewat peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Bagi bangsa Indonesia hari ini tak kalah pentingnya dengan hari-hari bersejarah lainnya.

Hari Kesaktian Pancasila dilatarbelakangi oleh insiden berdarah yang memakan korban enam jenderal angkatan darat, yakni D.I. Pandjaitan, Ahmad Yani, MT Haryono, S. Parman, Soeprapto, dan Sutoyo Siswomiharjo. Ya, setelah merdeka bangsa Indonesia memang tidak dapat membebaskan diri sepenuhnya dari kelompok-kelompok yang ingin bangsa ini hancur.

Kamu Wajib Tahu Bahwa 1 Oktober Adalah Hari Kesaktian Pancasila | via: 2.bp.blogspot.com

Puncaknya, 1 Oktober 1965 Dinas Penerangan Angkatan Darat melalui RRI mengumumkan bahwa enam jenderal senior Indonesia tersebut diculik. Tetapi situasi bangsa ini kembali aman, kaum pemberontak berhasil dikalahkan. Dan untuk mengenang kejadian itu semua 1 Oktober dijadikan pemerintah sebagai awal diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila.

Adapun tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2015 adalah kerja keras dan gotong royong melaksanakan Pancasila. Tema tersebut dimaksudkan agar di-70 tahun Kemerdekaan RI, masyarakat Indonesia dapat lebih bekerja keras dan mengamalkan Pancasila.

Baca juga : Pierre Tendean, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI Paling Menawan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading