Sukses

Lifestyle

4 Cara Jitu Mengatasi Anak Bayi yang Baru Tumbuh Gigi

Fimela.com, Jakarta Memiliki anak adalah satu berkah yang tak bisa dipungkiri bagi setiap pasangan suami istri. Menjadi orangtua merupakan anugerah. Namun, bukan suatu hal yang mudah. Anak yang dititipi oleh Tuhan, harus dirawat dan dididik sebaik mungkin. Entah dalam hal pendidikan, sosial, maupun agama. Saat masih bayi, terutama dalam usia balita, orangtua sedang disibukkan dengan masa pertumbuhan anak.

Sering kali, anak menjadi rewel ketika mengalami masa pertumbuhan. Apalagi saat tumbuh gigi. Anak bisa mengalami kenaikan suhu tubuh yang membuatnya sering menangis. Kalau sudah begitu, mau tidak mau orangtua akan membawa anak ke dokter. Padahal, selain ke dokter, masih ada, lho beberapa cara mengatasi anak yang baru tumbuh gigi. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Handuk, kain, atau pakaian basah. Ini adalah salah satu cara yang sangat mudah dan terjangkau. Basahi handuk dengan air dingin, masukkan dalam freezer sekitar 5 menit. Keluarkan, lalu masukkan ke dalam mulut bayi. Sensasi dingin bisa menenangkan rasa tidak enak pada gusi. Pastikan kain yang dimasukkan ke dalam mulut bayi dalam keadaan bersih. Jangan lupa dicuci setelah dipakai.

Pakaian basan dan dingin. (Via: si-community.com)

2. Gigitan karet. Benda ini dapat dibeli di toko obat atau supermarket yang menyediakan perlengkapan bayi. Bentuk dan warnanya bermacam-macam, ada bentuk hewan, kendaraan, dan bentuk lainnya yang menarik perhatian anak-anak. Sama seperti pada kain, masukkan gigitan karet ini dalam freezer sebelum diberikan ke anak. Sesekali jangan lupa untuk merendamnya di air panas untuk menekan bakteri dan kuman.

Gigitan karet. (Via: nyosalud.es)

3. Sendok plastik. Sebelum membeli dan memberikannya ke anak, pastikan plastik yang digunakan oleh produsen adalah plastik yang aman. Masukkan dalam freezer, lalu berikan ke anak. Tekanan dari sendok ke gusi bisa membuatnya lebih tenang.

Sendok. (Via: oogaa.com)

4. Pasta pereda sakit saat tumbuh gigi. Jika 3 cara di atas belum cukup untuk mengatasi kerewelan anak saat tumbuh gigi, orangtua bisa memberikannya pasta pereda sakit. Tapi, sebaiknya sebelum memberikan pasta pereda sakit ke anak, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Di Indonesia, pasta pereda sakit ini bisa dibeli di toko perlengkapan bayi yang besar atau toko online.

Pasta gigi yang mampu meredakan sakit saat pertumbuhan gigi. (Via: prettymomguide.com)

Baca juga: Menakjubkan! Bayi Perempuan Ini Mengandung Saudara Kembarnya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading