Sukses

Lifestyle

4 Alasan Kenapa Kamu Nggak Butuh Sabun Lagi Menurut Pakar

Fimela.com, Jakarta Ketika beraktivitas seharian, mandi akan menjadi pilihan terakhir yang membuatmu segar dan bersih lagi. Sebab, kebanyakan orang berpikir kalau kuman yang menempel pada tubuh adalah sesuatu yang kotor dan berbahaya. Padahal, pernahkah kamu tahu kalau keberadaan mikroba memiliki fungsi sangat penting untuk pencernaan, kesehatan kulit, dan kekebalan?

Menurut Robynne Chutkan, M.D., pendiri the Digestive Center for Women di Chevy Chase, Maryland, sekaligus penulis The Microbiome Solution, memiliki kontak teratur dengan kotoran dan debu mengajarkan microbiome (mikroorganisme dalam lingkungan tertentu, termasuk tubuh) bagaimana mengenali kuman yang ramah terhadap kuman jahat. Lebih lanjut, ia memberi tips yang menukar gaya hidup bersih menjadi lebih banyak kotoran melalui sabun. Mungkin, tips ini pula yang jadi alasan kenapa kamu nggak butuh sabun lagi. Berikut ulasannya.

Pertama, apakah yang salah dengan sabun? Ketika kamu mandi setiap hari dengan sabun, sebenarnya itu hanya akan meluruhkan bakteri baik yang membuat  mencegah jerawat dan eksim. Bahkan ketika habis berolahraga pun, kamu hanya butuh menyabuni selangkangan dan ketiakmu saja. Sisanya hanya dibilas pakai air. Kotoran nggak akan menyebabkan penyakit, tapi kita sendiri yang membunuh bakteri baik dan membahayakan kekebalan tubuh.

Sabun bisa mematikan bakteri baik pencegah jerawat dan eksim. (Via: today.com)

Apakah satu hal yang banyak orang lakukan, padahal sebenarnya nggak penting? Jawabannya adalah sabun pembersih tangan. Kecuali kamu habis nongkrong di sebuah bangsal yang berisi para penderita Ebola. Sebab, sebagian besar mikroba pada kulit dan tanganmu bukan kuman ganas yang bikin infeksi serius dan mematikan.

Begitu pula dengan sabun pembersih tangan. (Via: everescents.com.au)

Apakah aturan pada poin 2 masih berlaku pada musim flu? Menurut Dr. Chutkan, kamu hanya perlu mengambil sedikit pencegahan ketika rekan kerjamu batuk dan bersin-bersin tanpa harus memakai sabun anti-bakteri atau pembersih tangan. Selama musim dingin dan flu, yang dibutuhkan hanyalah mencuci tangan dengan air hangat dan sabun organik secara teratur selama 20 detik. Cara tersebut cukup ampuh menghalau virus.

Saat musim flu, kamu hanya perlu banyak mencuci tangan. (Via: huffingtonpost.com)

Apakah ada 'cara kotor' lain yang sebenarnya baik di kehidupan sehari-hari? Mandilah tanpa sabun dan sampo. Kamu bisa menghabiskan satu hari di sebuah peternakan atau sibuk di kebun. Membuka jendela di rumah atau mobil dan membiarkan beberapa mikroba baik masuk ke dalam. Membeli makanan organik yang tumbuh di tanah yang nyata, bukan diproduksi di pabrik. Dr. Chutkan menambahkan kalau mikroba yang berasal dari tanah itu baik.

Mandilah tanpa sabun dan sampo. Banyak-banyak melakukan kegiatan di luar rumah. (Via: livestocklivelihoodsandhealth.org)

Itulah alasan kenapa kamu nggak butuh lagi sabun di kehidupan sehari-hari. Sanggupkah kamu mandi tanpa sabunan seluruh badan? :p

Baca juga: Alasan Kenapa Malam 1 Suro Kerap Identik dengan Aura Mistis

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading