Sukses

Lifestyle

4 Orang Super Kaya yang Kini Jatuh Miskin

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang bilang, untuk menjadi kaya dan sukses membutuhkan waktu dan mensyaratkan perjalanan yang tidak mudah. Tapi, siapa sangka mempertahankan kekayaan justru lebih susah? Banyak orang yang menikmati masa gemilangnya hanya beberapa tahun. Lantas hartanya habis dalam waktu yang singkat. 

Kalau untuk menjadi miliarder kamu membutuhkan keahlian khusus, ternyata mempertahankan kekayaan pun butuh kemampuan lain yang berbeda. Seseorang mungkin bisa sukses dalam 10 tahun. Uangnya miliaran dolar dan punya perusahaan yang besar di luar negeri. Tapi belum tentu dia bisa memelihara apa yang sudah dimilikinya. Berikut ini empat orang konglomerat yang tiba-tiba jatuh menjadi melarat. 

Kim Dotcom. Pebisnis Internet, yang tinggal di Selandia Baru, pada masa kejayaannya sanggup meraup uang sebanyak $200 juta! Bersama dengan situsnya yang booming pada waktu itu, Megaupload, dia merupakan salah satu orang terkaya di negara tempatnya dia tinggal. Kim yang bernama asli Kim Schmitz ini tiba-tiba kekayaannya lenyap dalam sekejap lantaran kasus Megaupload yang terkenal. Kim saat itu dituduh melakukan beberapa tindak kriminal, hingga tanggal 19 Januari 2012 Departemen Kehakiman Amerika Serikat menyita seluruh kekayaannya. Situs Megaupload pun akhirnya ditutup. 

Kim Dotcom | via: robertamsterdam.com

Bjorgolfur Gudmundsson. Gudmundsson dulu merupakan seorang pebisnis sukses yang pendapatannya mencapai $1,1 miliar. Sayangnya kekayaan, sekaligus harta milik anaknya, Thor, habis tersapu krisis ekonomi. Orang kaya asal Islandia ini tiba-tiba menjadi miskin. Keadaannya yang terpuruk ternyata juga disebabkan adanya isu kalau dia terlibat dalam sebuah penipuan dan penggelapan. Gudmundsson kemudian tidak memiliki rekening apa pun di bank Swiss. Ini menunjukkan kalau dia sudah benar-benar bangkrut. Untungnya, Gudmundsson punya kesempatan kedua setelah pindah ke Rusia. Tapi, negaranya ingin semua uang yang dia dapatkan di Islandia harus dikembalikan. Akhirnya, sekarang kekayaan bersihnya sama sekali habis. Ya, kamu yang gajinya terbilang sedang saja masih lebih kaya darinya. 

Bjorgolfur Gudmundsson | via: raksig.blog.is

Sean Quinn. Quinn dulu, pada tahun 2008, merupakan orang terkaya di Irlandia. Pebisnis yang dulu pendapatannya mencapai $6,5 miliar kini utangnya mencapai $4 miliar. Quinn bangkrut hanya dalam waktu satu malam. Gara-garanya, Quinn salah langkah ketika menginvestasikan 25% kekayaan keluarganya di sebuah bank Irlandia, tepat sebelum terjadi krisis finansial di sana. Kekayaan Quinn sebenarnya tidak akan terlalu jatuh, seandainya saja dia tidak meminjam modal dari asuransi keluarganya. 

Sean Quinn | via: northernsound.ie

Allen Stanford. Stanford, seorang pemodal yang terkemuka, merupakan seorang genius yang pernah memiliki kekayaan bersih $2 miliar. Tapi sayang, Stanford tiba-tiba jatuh miskin karena kasus penipuan. Stanford dituduh menipu sejumlah investor hingga $7 miliar! Kini Stanford harus berada di balik jeruji besi. 

Allen Stanford | via: theguardian.com

Nah, itu dia empat orang super kaya yang tiba-tiba jatuh miskin karena berbagai alasan. Ternyata, selain harus pandai memelihara kekayaan, mengontrol diri sendiri untuk tidak melakukan berbagai cara demi keuntungan juga sangat penting. Jangan sampai kamu menggunkan cara yang tidak legal untuk menambah kekayaan. 

Baca juga: Video: Bedanya Anak Orang Kaya & Anak Orang Miskin

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading