Sukses

Lifestyle

3 Hal yang Bisa Kamu Pelajari Setelah Satu Tahun Menjadi Pebisnis

Fimela.com, Jakarta Memulai sebuah bisnis pastinya tidak mudah. Kamu harus menyusun agenda sendiri, menentukan langkah sendiri, hingga menyelami pergerakan pasar yang kian berubah-ubah. Model bisnismu pasti sudah kamu rombak berkali-kali. Gagal pun menerpa berpuluh-puluh kali. Tapi ada hal-hal yang membuatmu ingin terus maju dan menolak untuk menyerah. 

Mungkin juga salah satunya karena banyak pelajaran yang bisa kamu ambil selama membangun bisnis. Memang banyak orang sukses yang belajar dari kesalahan orang lain. Tapi jangan lupa untuk belajar dari pengalamanmu sendiri. Berikut ini empat hal yang bisa kamu pelajari setelah satu tahun menjadi pebisnis. 

Memasarkan produk tidak mudah. Mencari pelanggan itu tidak mudah. Kamu harus memiliki strategi dan memahami apa yang mereka inginkan. Memasarkan produk pun perlu strategi yang sanggup mengernyitkan dahimu. Tapi, karena kesulitan inilah kamu bisa menghargai pelanggan tetap yang selalu setia menjadi pelangganmu. 

Image result for it's not easy gif tumblr

Fokus pada dirimu. Menjadi seorang pebisnis bukan hanya soal investasi uang. Tapi juga investasi pada dirimu sendiri. Karenanya, jangan pernah berhenti untuk memperkaya dirimu dengan pengalaman dan pengetahuan. Jangan sampai fokusmu terpecah. Tetaplah tekun untuk meningkatkan kemampuanmu. 

Image result for focus gif tumblr

Jaga kesehatan juga penting. Bayangkan kalau kamu sakit-sakitan. Bagaimana bisa kamu menjalankan bisnis? Lagin pula, ketika kamu sakit-sakitan, uang simpananmu akan menipis. Sementara bisnis pun tak tertangani. Sebaiknya, kamu menjaga kesehatan. Tidak salah mencari keuntungan yang besar. Tapi apa guna banyak uang tanpa kesehatan yang tak terpelihara? 

Itu dia tiga hal yang bsia kamu ambil jadi pelajaran. Sehingga kamu bisa melakukan yang terbaik di masa yang akan datang. Pelajaran ini juga bisa kamu sampaikan kepada rekan-rekan lain, agar mereka yang masih baru di dunia bisnis lebih waspada. 

Baca juga: 5 Perempuan Indonesia yang Sukses Menjalankan Bisnisnya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading