Sukses

Lifestyle

Serius! Produsen Powerbank Bakal Bangkrut oleh Mahasiswa Jember!

Fimela.com, Jakarta Dewasa ini penggunaan smartphone kayaknya jadi hal wajib. Selain itu hal yang menjadi wajib lainnya yakni menjaga agar ponsel tetap hidup. Kalau tidak, kamu bakal mati gaya dan manyun seharian. Maka power bank pun jadi pasangan 'harus' untuk si ponsel. Tapi harga power bank yang gak kecil itu bikin kamu akhirnya membongkar tabungan. Eh, kamu perlu berterima kasih pada para mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Jember, Jawa Timur. Mereka menciptakan power bank tanpa aliran listrik! How damn cool!

Powerbank dari sekam padi dan arang | Via: kaskus.co.id

Baca juga: 7 Pekerjaan Ini Bisa Tambah Uang Jajan Bagi Mahasiswa

Para mahasiswa Universitas Jember yang menemukan inovasi powerbank dari sekam padi dan arang | Via: kaskus.co.id

Mereka yakni Azizah, Rosaria Dwi Sukmadewi, Nurul Mahmuda, dan Putri Sultan Maredh Jawi, menggunakan energi gas sisa pembakaran untuk dijadikan energi listrik. Namanya sesuai bahan bakarnya, Power Bank Gas. Komponen power bank ini ada dua, pertama boks pembakarannya yang berisi sekam padi dan arang (sudah berbentuk briket) dan yang kedua yakni rangkaian power bank itu sendiri.

Para mahasiswa Universitas Jember yang menemukan inovasi powerbank dari sekam padi dan arang | Via: kaskus.co.id

Gas yang dihasilkan boks pembakaran tersebut dapat menyimpan daya pada power bank yang bisa diisikan ke ponsel kamu selama 3-4 jam dari kondisi kosong. Gokil kan? Semoga penemuan mereka ini bisa disempurnakan ya, guys. Banyak banget pembakaran yang sia-sia di negeri ini. Bisa jadi pembakaran hutan yang hingga saat ini masih berlangsung berguna untuk dijadikan energi listrik. Ayo terus belajar yang rajin ya, para mahasiswa Indonesia. Penemuan ini sungguh luar biasa, salut!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading