Sukses

Lifestyle

4 Fakta George Boole yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Rayakan ulang tahun ke-200, George Boole, ahli matematika asal Inggris dijadikan Google Doodle hari ini Senin (2/11/15). Sang mesin telusur raksasa, Google, memang kerap kali merayakan sederet peringatan dengan mengganti tampilan di laman depannya. Kali ini, Doodle tersebut merepresentasikan kalkulasi logika yang biasa digunakan di komputasi.

Huruf "g", "o", "l", dan "e" diwarnai berdasarkan kalkulasi logika yang berada di bawahnya. Ketika "x" dan "y" di huruf "g" kedua 'menyala', sisa hurufnya akan menunjukkan rumus berbeda di setiap waktu. Begitu rumit, karenanya kamu harus tahu berbagai fakta terkait George Boole yang jadi Google Doodle hari ini.

Boole lahir di Lincolnshire, Inggris, pada 2 November 1815. Boole sudah punya sekolah sendiri di usia 19 tahun. Sebelum mendirikan sekolah kecil, ia pun pernah jadi guru. Ia pun mendapat berbagai penghargaan sebagai ahli matematika dan filsafat atas kontribusinya di bidang komputer modern.

George Boole. | via: src-images.blogspot.com

Boole pun dianggap sebagai salah satu ahli matematika paling berpengaruh di abad ke-19. Bukan tanpa alasan, kontribusinya dalam merancang sistem logika dengan tujuan melekatkan berbagai pemikiran kompleks untuk ditransformasikan menjadi persamaan yang begitu sederhana memang jadi pakem akan era digital.

George Boole. | via: georgeboole.com

Penemuan Boole mencangkup berbagai variabel. Termasuk "salah", "benar", "nyala", dan "redup". Teori tersebut punya latar belakang terkait era digital. Kemudian, American Claude Shannon mengaplikasikan teori Boolean untuk membangun jaringan elektronik pada 1930 yang jadi cikal bakal komputer modern.

Teori Boolean temuan George Boole. | via: beets1278.blogspot.com

Kemudian, Boole meninggal di County Cork, Irlandia, pada tahun 1864. Baru berusia 49 tahun, Boole meninggal karena radang paru-paru setelah berjalan sejauh 3,2 kilometer di bawah guyuran hujan. Setelahnya, ia tetap mengajar dengan pakaian basah.

George Boole. | via: lincolnboolefoundation.org

Setelah membaca ulasan di atas, kamu jadi lebih mengenal ilmuwan yang aplikasi pengetahuannya masih digunakan hingga sekarang. Sebelum George Boole, Google pernah menjadikan jam astronomi Praha sebagai Doodle. Kalau tahu fakta lain tentang sang ahli matematika, langsung saja tuliskan di kolom komentar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading