Sukses

Lifestyle

3 Alasan Kenapa Twitter Mengganti Fitur 'Favorite' Jadi 'Like'

Fimela.com, Jakarta Sejak semalam, sekitar pukul 22.00 WIB, netizen di media sosial Twitter dihebohkan oleh akun @twitter yang meng-update status berupa announcment mengenai keputusan Twitter mengubah fitur favorite menjadi like. Tak hanya itu, mereka juga mengumumkan bahwa simbol bintang yang tadinya mewakili fitur favorite akan diubah menjadi gambar hati seperti simbol suka yang terpampang pada media sosial Instagram dan Periscope.

Pemberitahuan perubahan yang di-publish oleh Akarshan Kumar selaku Product Manager di blog.twitter.com bukan tanpa alasan. Pemilik akun @akik itu menjelaskan ada beberapa pertimbangan yang membuat Twitter harus melakukan pergantian fitur favorite menjadi like. Kira-kira apa, ya yang mendasari Twitter untuk melakukan perubahan itu? Berikut ulasannya.

Agar lebih mudah dan lebih bermanfaat untuk digunakan. Twitter menilai kalau simbol bintang kerap kali membingungkan bagi pengguna Twitter, khususnya pendatang baru. Menurut Twitter, mungkin pengguna bisa menyukai banyak hal yang ada di sana, namun nggak semua pengguna memfavoritkan hal-hal yang mereka sukai.

Lebih mudah digunakan. (Via: rentcafe.com)

Hati adalah simbol universal. Menurut Twitter, simbol hati merupakan simbol yang bergema di seluruh bahasa, budaya, dan zona waktu. Simbol hati dinilai lebih ekspresif dalam menyampaikan emosi dan memudahkan dalam berhubungan dengan orang-orang di Twitter. Dalam percobaan yang telah dilakukan Twitter, mereka menemukan kalau orang-orang menyukai fitur ini.

Hati adalah simbol universal. (Via: business.edf.org)

Menjadikan 'hati' sebagai bahasa umum untuk komunitas global. Periscope, Twitter, dan Vine merupakan media sosial yang berada dalam sebuah grup. Jika netizen telah mengenal fitur love di Periscope, kali ini mereka ingin membawanya ke Twitter dan Vine sebagai bahasa umum untuk komunitas global mereka.

Bahasa umum untuk komunitas global. (Via: aralbalkan.com)

Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang mencolok antara fungsi fitur favorite dan like. Keduanya sama-sama digunakan untuk menyimpan twit seseorang atau diri sendiri agar bisa dilihat kembali jika sewaktu-waktu dibutuhkan di tab favorites, yang kini telah berganti nama jadi likes. Perubahan ini bisa kamu lihat baik pada Twitter di iOs, Android, twitter.com, TweetDeck, Twitter for Windows 10, maupun dari berbagai aplikasi Twitter lainnya. Tap the heart and see what happens!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading