Sukses

Lifestyle

Mulai Sekarang Kamu Bisa Bicara dengan Panda

Fimela.com, Jakarta Panda, binatang paling peluk-able yang sering dikaitkan dengan negeri tirai bambu, Cina, ini memang tak pernah gagal menundang perasaan gemas. Bagaimana tidak? Secara postur saja panda sudah terlihat begitu lucu. Ditambah bulu lebat dan tingkahnya yang hampir selalu menimbulkan gelak tawa, tak heran rasanya kalau istilah "aku panda yang terjebak di tubuh manusia" pun diklaim banyak orang.

Di balik semua tingkah lucu hewan berbulu hitam-putih ini, pernahkah kamu berpikir untuk berbicara dengan panda? Ya, awalnya mungkin keinginan tersebut hanya akan berakhir di tingkat fantasi semata. Berkat penelitian bertahun-tahun yang dilakukan oleh ilmuwan Tiongkok, sekarang kamu bisa memahami bahasa yang digunakan panda untuk berkomunikasi.

Para ilmuwan tersebut mencoba meneliti 13 vokalisasi panda. Penelitian tersebut membuahkan hasil, yakni suara "baa" digunakan untuk menarik perhatian panda betina, jika jawabannya "chirp" maka panda betina tersebut tak tertarik dengan godaan sang jantan. Berbeda ketika mencari bayinya, panda mengeluarkan suara ciutan.

Panda dewasa akan menyalak jika marah atau merasa terintimidasi. Sementara bayi panda akan mengeluarkan suara "wow-wow" ketika tak bahagia dan "coo-coo" saat senang. Juga, "gee-gee" ketika lapar. Suara lain seperti mengaum dan menjerit diyakini sebagai pernyataan putus asa terkait habitat dan tingkat reproduksi panda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading