Sukses

Lifestyle

Cegah Diabetes dengan Lakukan 5 Kebiasaan Sederhana Ini

Fimela.com, Jakarta Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Keberadaannya seperti bom waktu yang siap meledaki tubuh kapan saja. Ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin, hormon pengatur gula darah, menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa. Hal ini tentu saja menjadi kelemahan tersendiri bagi penderita.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang tak bisa disembuhkan. Meski begitu, bukan berarti nggak bisa dicegah dari awal, mengingat setiap orang berpotensi terserang penyakit ini walau nggak punya keturunan diabetes. Cara mencegahnya pun nggak perlu repot-repot pergi ke dokter, hanya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana di masa kini kamu mampu mencegah diabetes di masa yang akan datang. Apa saja? Simak poinnya berikut ini.

Lakukan pemantauan gula darah. Hal ini merupakan langkah pertama dan utama dalam mengendalikan diabetes. Kamu bisa membeli glukometer untuk kamu pakai secara pribadi di rumah, atau kamu bisa memeriksakannya di klinik atau rumah sakit terdekat. Bahkan biasanya di beberapa daerah di Indonesia telah ada pemeriksaan gula darah gratis dari pemerintah dalam waktu-waktu tertentu.

Lakukan pemantauan gula darah. (Via: madh-mama.blogspot.com)

Bermalas-malasan. Mungkin selama ini penderita diabetes diminta untuk selalu melakukan gerak tubuh dan nggak boleh sering tidur. Namun, bukan berarti penderita diabetes nggak butuh istirahat. Luangkan waktu 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Pilih aktivitas fisik yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu. Hindari olahraga setelah melakukan suntik insulin. Sebagai penggantinya, kamu bisa ikut meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.

Bermalas-malasan. (Via: officialsubway.tumblr.com)

Makan makanan favorit. Namun, jangan lupa untuk menambahkan makanan favoritmu dalam menu diet. Jika perlu, konsultasikan kepada ahli gizi tentang makanan favoritmu, apakah mereka memiliki potensi dalam memicu diabetes. Hindari makanan digoreng. Kemudian, ukur makanan dan lihat efeknya pada gula darah.

Makan makanan favorit. (Via: dailymail.co.uk)

Pakai sepatu yang tepat. Penderita diabetes rentan terhadap luka pada kaki yang tak kunjung sembuh yang menyebabkan amputasi. Maka dari itu, kenakan sepatu yang tepat untuk menghindari luka atau infeksi. Jaga kesehatan kaki dengan merendam dalam air hangat dan segera mengeringkannya.

Makan makanan favorit. (Via: star2.com)

Lindungi matamu. Gula darah yang tinggi juga dapat merusak pembuluh darah di retina secara progresif. Sehingga dapat menyebabkan glaukoma dan katarak. Oleh karena itu, disarankan penderita diabetes mendapatkan check up mata setidaknya setahun sekali. Satu lagi, sebelum kamu megonsumsi obat, diet atau olahraga rutin, silakan berkonsultasi dengan spesialis diabetes.

Lindungi matamu. (Via: fanpop.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading