Sukses

Lifestyle

Perempuan Ini Siramkan Cairan Pembersih ke Mata demi Jadi Buta

Fimela.com, Jakarta Berbeda dari kebanyakan orang yang menganggap kebutaan adalah mimpi buruk, Jewel Shuping malah punya impian untuk jadi tunanetra. Terdengar aneh. Karena (tentu saja) mayoritas orang menginginkan tubuh sehat dengan susunan dan fungsi normal.

Perempuan asal North Carolina, Amerika Serikat, ini diduga mengidap kelainan Body Integrity Identity Disorder (BIID), di mana pengidapnya punya keinginan untuk kehilangan salah satu anggota tubuh karena merasa asing dan tak nyaman dengan bagian tersebut.

Jewel Shupin ketika berusia satu tahun. | via: Mirror

Keanehan dalam dirinya bermula kala Jewel berusia 6 tahun. Awalnya, ia senang bermain di luar ruang dan memandang sinar matahari secara langsung, namun ibu Jewel memperingati kalau hal tersebut bisa merusak matanya. Pada rentang usia 18 hingga 20 tahun, Jewel kerap berpura-pura menjadi buta dengan berjalan menggunakan tongkat, juga mempelajari huruf braille.

Keanehan atas pikiran dan obsesi menjadi buta lah yang menghantarkan Jewel berkonsultasi dengan psikolog pada 2006. Dilaporkan oleh Mirror, sang psikolog meneteskan cairan pembersih untuk mewujudkan impian Jewel. Rasa terbakar seketika menjalar hngga ke pipinya. Namun karena obsesi menjadi buta sudah begitu melingkupi, maka Jewel tetap menahannya.

Jewel Shupin merasa nyaman setelah kehilangan penglihatannya. | via: Mirror

Melarang dokter untuk menyembuhkan penglihatkannya, perlu waktu hingga 6 bulan ketika akhirnya Jewel kehilangan seluruh kemampuan melihatnya. Kerusakan yang timbul, yakni kornea mata meleleh di mata kiri, juga galukoma dan katarak untuk mata kanan Jewel.

Sekarang, hingga Jewel berusia 30 tahun, tak ada penyesalan yang hinggap di dirinya. Perempuan bertubuh tambun ini malah mengaku bahagia dan nyaman dengan keadannya yang sekarang. Jewel pun punya keinginan untuk menolong tunanetra lain di dunia untuk tetap jadi pribadi mandiri. Kebahagiaan pun terasa sempurna karena orang-orang terkasih pun mendukung impian Jewel.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading