Sukses

Lifestyle

Gagal Menabung? Lakukan 4 Trik Mudah Ini Agar Uang Terkumpul

Fimela.com, Jakarta Bayangkan jika kamu sama sekali tak punya tabungan. Ketika ada hal penting yang tiba-tiba terjadi, kamu bakal bingung bagaimana cara menanggulanginya. Kamu mungkin sudah lama mencoba untuk menabung, tapi konsistensimu kerap kali melemah bahkan sirna dari dalam dirimu. 

Mengumpulkan uang memang tak mudah. Apa lagi ketika gajimu tak terlalu besar. Meskipun begitu, menabung adalah sebuah keharusan. Supaya tak gagal menabung lagi, coba, deh, lakukan empat trik mengumpulkan uang di bawah ini. 

Berpura-puralah kamu punya uang kurang dari jumlah gajimu yang sebenarnya. Ketika kamu terus ingat angka pasti gajimu, kamu mungkin akan tergoda untuk menggunakan uangmu seluruhnya hingga habis. Ini akan membahayakan kesehatan finansialmu. Bahkan, bisa jadi ini yang menjadi penyebab kemelaratan bagi sebagian orang. Untuk itu, coba kamu pisahkan uang yang akan kamu tabungkan dan berpura-puralah kamu hanya punya uang sejumlah gaji yang sudah dikurangi tabunganmu. 

Tinggal kartu ATM di rumah. Ketika kamu ada keperluan berbelanja bahan makanan atau pakaian, bawalah uang secukupnya. Jangan sampai uang tunai yang kamu bawa berlebihan. Dan, tinggallah kartu ATM di rumah. Kenapa? Sebagian orang ketika melihat potongan harga yang cukup menggiurkan pasti terdorong untuk membelinya. Meskipun yang tunai yang ada di dompet tak cukup, kamu akan bela-belain cari mesin ATM atau membayarnya dengan kartu debit. Ini yangakan bikin kamu boros.

Ikut kompetisi menabung. Menabung sendirian, di saat teman-temanmu sibuk hang out dan belanja, rasanya memang tak nyaman. Bahkan, sebagian orang merasa agar sengsara. Mereka ingin ikut jalan-jalan, tapi harus berhemat untuk menabung. Nah, dari pada kamu merasa sangat merana, lebih baik ajak temanmu untuk mengadakan kompetisi menabung. Jumlahnya tak usah terlalu banyak. Misalnya Rp 50 ribu per minggu, selama setahun. Setelah setahun, gunakan sebagian tabunganmu untuk bersenang-senang dengan mereka. Cara ini bakal lebih mengasyikkan sehingga semangatmu untuk terus menabung akan terpompa. 

Buka rekening tabungan rencana. Sebagian orang harus dipaksa untuk menabung. Kalau hanya mengandalkan kebiasaan dan kesadaran, uang yang ada di dalam tabungan tak akan bertambah. Nah, untuk itu kamu harus 'memaksa' dirimu sendiri untuk menabung. Caranya dengan membuka rekening tabungan rencana. Jadi, setiap bulannya, bank akan menarik sejumlah uang dari tabunganmu untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu. Jadi, kamu tak perlu pusing mengingat kapan harus menabung. 

Itu dia empat trik ampuh agar kamu berhasil menabung dan mengumpulkan uang. Jangan sampai kamu tak punya tabungan sama sekali. Karena, tabungan bukan hanya soal uang jaga-jaga. Tapi juga investasi jangka pendek yangbisa menyelamatkan hidupmu jika sewaktu-waktu membutuhkannya.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading