Sukses

Lifestyle

Hari AIDS Dunia, Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya

Fimela.com, Jakarta Di Indonesia, setiap 25 menit ada satu orang yang terinfeksi HIV. Sedangkan satu dari lima  yang terinfeksi berusia di bawah 25 tahun. Menurut Kementrian Kesehatan Indonesia, bila tak ada percepatan program pencegahan HIV, lebih dari 500.000 orang Indonesia akan positif terkena HIV di tahun 2014 lalu. Pada tahun 2011, Jakarta memiliki angka terbesar kasus, yakni 4.012 kasus.

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah tahap lanjutan dari infeksi virus HIV. Walau pun berbahaya, penularan penyakit ini tak bisa melalui kontak fisik biasa seperti berpelukan, berciuman, atau berjabat tangan dengan seseorang yang terinfeksi HIV atau AIDS. Meski demikian, banyak sekali masyarakat yang mendiskriminasi dan menolak hidup berdampingan dengan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

Pita merah mulai terkenal tahun 1991 sebagai tanda peduli untuk ODHA | Via: psychology.msu.edu

Penularan penyakit ini dapat terjadi melalui darah, air mani, hubungan seksual atau cairan vagina. Jadi, tak mudah untuk tertular virus tersebut. Menjauhi dan mengucilkan ODHA bukanlah perbuatan yang manusiawi. Penderita HIV dan AIDS membutuhkan sokongan semangat dan penerimaan masyarakat demi kelangsungan hidup yang lebih baik.

Bila kamu takut terkena virus HIV, lebih baik kamu melakukan 3 hal ini : 1. Menggunakan kondom ketika berhubungan seksual, 2. Tidak menggunakan jarum suntik secara berganti-gantian, 3. Tidak berganti-ganti pasangan.

via: theguardian.com

Oh, iya! Untuk yang ingin ikut menyebarkan kepedulian untuk para ODHA, kamu bisa menyematkan pita merah hari ini. Warna merah yang melambangkan darah juga bisa diartikan semangat untuk penderita HIV dan AIDS. Yuk, rangkul dan semangati ODHA!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading