Sukses

Lifestyle

Angkutan Umum di Indonesia Harus Mencontoh Jepang

Fimela.com, Jakarta Mungkin akan ada banyak orang Indonesia yang berkata,”Jangan samain sama Jepang. Kita (Indonesia) mah jauh.” Dari segi ekonomi dan teknologi kita memang jauh tertinggal dari Jepang, tapi sebelum negaranya maju, masyarakat Jepang juga melewati masa-masa sulit kok.

Baca Juga

Ya, tidak ada salahnya untuk mencontoh Jepang, termasuk meniru angkutan umumnya. Selain Shinkansen, kereta tercepat yang jadi kebanggaan masyarakat Jepang, mereka juga memiliki moda transportasi yang tak kalah aman dan nyaman, yakni bus. Hmmm, kondisi angkutan umum di Jepang dengan di Indonesia tentulah sangat jauh berbeda.

Sebagai negara yang terkenal karena masyarakatnya yang disiplin, di Jepang semuanya memang berjalan lebih teratur. Tidak hanya soal jadwal, masing-masing warganya juga punya kesadaran untuk menjaga kebersihan. Kalau mereka menemukan papan pemberitahuan bertuliskan 'Dilarang Makan dan Minum' maka mereka tidak akan melakukan hal tersebut.

Kalau di Indonesia? Hmmm, aturan tinggallah aturan. Supir metromini yang ugal-ugalan, menerobos palang pintu kereta api seenaknya. Kondisi bus yang sudah tak layak jalan, kerusakan di sana-sini, bahkan kalau hujan bus juga bisa bocor. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa memperbaiki itu semua. Indonesia juga bisa memiliki moda transportasi aman dan nyaman kok. Penasaran melihat bedanya angkutan umum di Indonesia dengan di Jepang? Simak foto-fotonya di bawah ini.

Jepang | via: cdn1.vtourist.com

Indonesia | via: http://beritadaerah.co.id/

Jepang | via: perspectiveinfocus.files.wordpress.com

Indonesia | via: 4.bp.blogspot.com

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading