Sukses

Lifestyle

Bukannya Cerdas, 4 Kebiasaan Ini Justru Bikin Kamu Terlihat Bodoh

Fimela.com, Jakarta Terlepas dari baik atau buruk, setiap orang pasti punya kebiasaan sendiri-sendiri. Kadang, kamu ingin terlihat lebih pintar di depan orang lain. Misalnya, ketika kamu bertemu dengan seseorang yang punya karier bagus atau sangat terpelajar. Entah karena ingin mendapatkan pujian atau hanya sekadar ingin bisa mengobrol dengan santai, kamu mencoba melakukan sesuatu agar terlihat lebih 'wah' di depannya. 

Tapi sayangnya, menurut Shana Lebowitz dari Business Insider, ada beberapa kebiasaan atau kelakukan yang justru bikin kamu terlihat bodoh dan tidak beretika. Dari pada kamu dipermalukan dan justru dianggap sok pintar, lebih baik hindari empat kebiasaan ini yang justru bikin kamu tidak terlihat cerdas. 

Berfoto sambil menggenggam botol minuman keras. Kalau kamu lihat di media sosial, banyak sekali netizen yang berfoto saat minum-minum dengan teman atau keluarganya. Mungkin, menurut mereka, bergaya sambil menggenggam botol minuman keras akan membuat mereka terlihat sangat keren. Padahal, sebuah penelitian mengatakan, berfoto dengan gaya seperti ini justru bikin kamu terlihat bodoh. 

Menggunakan kata 'mewah' bukan pada tempatnya. Banyak cara untuk meningkatkan 'derajat' dan juga agar kamu terlihat berwawasan luas. Kamu mungkin masih ingat Vicky Prasetyo yang menggunakan kata-kata fancy tapi tidak pas untuk digunakan dalam kalimatnya. Jangan menggunkan kata-kata yang kamu bahkan tidak paham artinya agar kamu terlihat intelek. 

Menghindari kontak mata dengan lawan bicara. Mungkin kamu gugup atau merasa tidak nyaman. Tapi, melihat ke bawah atau ke arah samping saat berbicara dengan orang lain justru bikin kamu terlihat bodoh. Dilansir dari Business Insider, tidak melakukan kontak mata bukan hanya tidak sopan tapi juga justru memberikan tanda kalau kamu tidak tertarik atau tidak paham dengan apa yang dibicarakan. Lebih jauh lagi, sebuah penelitian menemukan, memandang kedua mata lawan bicaramu justru akan memperkuat kesat cerdas dalam dirimu. 

Menggerutu dan mengumpat saat bekerja. Selama bekerja, pasti akan datang masalah. Boleh saja mengeluh sesekali. Tapi jangan sampai kamu mengeluhkan, bahkan mengumpat hanya karena hal kecil. Mengeluh, menggerutu, serta mengumpat pada saat bekerja justru menimbulkan kesan kalau kamu bekerja secara tidak profesional. 

Itu dia empat hal yang harus kamu hindari agar kamu tidak terkesan sok pintar saat berbicara dengan orang lain. Jadilah dirimu sendiri. Kalau kamu banyak baca buku dan berbincang-bincang dengan banyak orang, wawasanmu akan menjadi luas. Tanpa perlu berpura-[ura menjadi cerdas, kamu akan secara otomatis terlihat keren di mata orang lain. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading