Sukses

Lifestyle

10 Jenis Sambal Nusantara yang Pantang Kamu Lewatkan (I)

Fimela.com, Jakarta Bagi pecinta pedas, menyantap sambal merupakan surga dunia yang pantang untuk dilewatkan. Di Indonesia sendiri, banyak sekali varian sambal yang harus kamu coba. Berbagai olahan cabai ini bisa berbeda di setiap daerahnya.

Biasanya, tak hanya sekadar cabai. Bumbu lain seperti bawang dan garam pun bisa dikombinasikan agar rasanya lebih istimewa. Bakan,a da yang menggunakan buah untuk membuat racikan sambal. Yuk, simak jenis sambal Nusantara yang pantang kamu lewatkan!

Sambal terasi. Ini sih wajib coba! Jenis sambal ini menjadi favorit di kalangan masyarakat. Selain mudah dibuat, rasanya yang 'nendang' membuat setiap orang merasa pantang makan sebelum ditemani sambal.

 

A photo posted by yong yen (@yongyen88) on

Sambal dabu-dabu. Sambal ini berasal dari Manado. Terbuat dari cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, jeruk nipis dan garam ini sanggup bikin keringat bercucuran dan ogah berhenti makan. Karena selain pedas, sambal ini bikin kamu merasa segar!

Sambal matah. Kalau yang ini memiliki kampung halaman di pulau Dewata. Uniknya, sambal ini tak digoreng loh! Bukan juga sambal mentah, penyedap makanan ini malah menuangkan minyak yang sudah dipanaskan untuk dituang ke dalam sambal.

 

A photo posted by Sukma (@sukmawati_rs) on

Sambal bajak. Jawa Tengah merupakan rumah bagi sambal ini. Miliki bentuk yang hampir sama dengan sambal terasi, sambal bajak pun sanggup bikin kamu ketagihan makan! Ada yang bilang, makan nasi panas dengan sambal bajak saja sudah sangat nikmat, loh!

Sambal ijo. Naaaah, siapa pecinta makanan Padang? Ini adalah pelengkap yang wajib ada ketika kamu makan nasi Padang. Dengan kuah rendang dan gulai yang sudah dicampur dengan nasi, kenikmatan sambal ijo takkan pernah terganti!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading