Sukses

Lifestyle

100 Pesantren di Sumsel Lakukan Salat Gerhana Matahari Total

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka menyambut gelapnya langit pada 9 Maret nanti, para pesantren di Sumatera Selatan akan menggelar salat gerhana matahari total. Liputan6 menulis, ada lebih dari 100 pesantren yang akan ikut melakukan salat ini bersama-sama. 

Pembina Pondok Pesantren Darul Muttaqin Baturaja HA Truman SO Bakri mengatakan kepada Antara News, Asosiaso Pondok Pesantren provinsi setempat memberi kabar keseratus pondok pesantren itu berasal dari delapan daerah yang diperkirakan BMKG dilintasi gerhana matahari total (GMT) dan sejumlah daerah lainnya yang tidak dilintasi. 

"Sesuai informasi dari Asosiasi Pondok Pesantren provinsi setempat, sekarang ini lebih dari 100 pondok pesantren di 8 daerah yang diperkirakan BMKG dilintasi gerhana matahari total (GMT) dan sejumlah daerah lainnya yang tidak dilintasi secara langsung, melakukan persiapan salat menyambut kebesaran dan kekuasaan Allah SWT," katanya kepada Antara News seperti yang dikutip dari Liputan6

Ribuan santri dan santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam Surakarta menggelar salat gerhana bulan (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Selain itu, dia juga menjelaskan, salat GMT ini dalam Islam hukumnya Sunnah Muakad. Artinya sunnah yang dikuatkan. Jadi, pembina lembaga pendidikan Islam ingin memanfaatkan momen ini mengingat fenomena GMT sangat langka. 

Salat Geerhana Matahari Total | via: blog.islamiconlineuniversity.com

"Salat gerhana hukumnya Sunnah Muakad (sunnah yang dikuatkan) sehingga sebagai pembina lembaga pendidkan Islam berupaya memanfaatkan momentum terjadinya peristiwa fenomena alam langka itu mendekatkan diri dengan Allah SWT," kata Truman kepada media yang sama. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading