Sukses

Lifestyle

Minggu Palma, Peristiwa Istimewa Bagi Umat Katolik

Fimela.com, Jakarta Minggu Palma menjadi salah satu hari yang sangat istimewa bagi umat Katolik diseluruh dunia. Bukan sekadar perayaan, Minggu Palma yang selalu jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah tersebut juga menjadi hari dimana umat Katolik mengingat kembali kesengsaraan Yesus Kristus ketika disalib.

Romo Stefanus Mau, Pr, saat memimpin Perayaan Liturgi dan Ekaristi, di Stasi St Hendrikus Binilaka, Paroki St Yoseph Pekerja Penfei, Kupang menjelaskan merujuk pada peristiwa yang tercatat pada empat Injil, yaitu Markus 11:1-11, Matius 21:1-11, Lukas 19:28-44 dan Yohanes 12:12-19, dalam tradisi gereja katolik, perayaan Minggu Palma adalah peristiwa iman yang sangat istimewa karena sebagai pembuka pekan suci sebelum Yesus mati dan bangkit dari kematian-Nya di kayu salib.

"Masuknya Yesus Kristus ke kota suci Yerusalem adalah hal yang istimewa, sebab terjadinya sebelum Yesus mati dan bangkit dari kematian. Itulah sebabnya Minggu Palma disebut pembuka pekan suci, yang berfokus pada pekan terakhir Yesus di kota Yerusalem," jelas, Romo Stefanus Mau, Pr, seperti dikutip dari Antara, Senin (21/2/2016).

Perayaan Minggu Palma tentunya identik dengan daun palem, ya saat perayaan berlangsung umat Katolik akan mendapatkan daun palem, tak hanya itu biasanya gereja juga dihiasi dengan ornament palem. Dalam liturgi Gereja Katolik, pada Minggu terakhir pra-Paskah, umat Katolik memasuki masa pekan suci yang dimulai dari Minggu Palma, kemudian Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Aleluia dan Minggu Paskah yang jatuh pada tanggal 27 Maret 2016 setelah perayaan Jumat Agung pada tanggal 25 Maret 2016.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading