Sukses

Lifestyle

Ini 10 Hewan yang 'Dijadikan' Tuhan

Fimela.com, Jakarta Hewan, di beberapa belahan dunia disakralkan. Bahkan sampai dikultuskan. Ini merupakan dari bagian ajaran agama kuno. Alasan penyembahan bervariasi tergantung pada tradisi dan kepercayaan.  

Setidaknya ada 10 hewan yang disakralkan di beberapa bagian dunia dengan berbagai alasan seperti dikutip laman listdose.com, banyak dari hewan ini haram disentuh dan dimakan oleh manusia. Mereka diserupakan dengan Tuhan dan kerap disandingkan dengan Sang Pencipta. Binatang apa saja? Simak berikut ini.

1. Babi. Babi dalam budaya mesir kuno adalah binatang yang disucikan untuk persembahan.

Ilustrasi babi | Via: istimewa

2. Ular Kobra. Di India hewan ini sangat disakralkan karena dalam agama Hindu, Dewa Siwa memakai kobra sebagai perhiasan.

Ilustrasi kobra | Via: istimewa

3. Harimau. Di Cina ada pinggiran kota bernama Kumming di mana masyarakatnya menyembah harimau. Upacara keagamaan ini menjadi daya tarik wisata.

Harimau | Via: Istimewa

4. Sapi. Di India sapi disakralkan di antara semua hewan. Sapi adalah simbol kekayaan dianggap membawa keberuntungan dan kemakmuran.

Sapi (Foto: 1.bp.blogspot.com)

5. Gajah. Di Thailand masyarakatnya percaya bahwa gajah putih mengandung jiwa orang mati dan dalam ajaran Hindu, Dewa Ganesha memiliki kepala gajah. Oleh karena itu gajah sangat disakralkan di Thailand dan India.

Gajah | Via: istimewa

6. Monyet. Dalam agama Hindu, monyet dipandang sebagai Hanuman, salah satu sosok dewa. Di Honduras, dipercaya ada kota pemuja tuhan monyet.

Ilustrasi Monyet (Foto: www.gradydoctor.com)

7. Serigala. Legenda Romawi kuno menyatakan bahwa Dewi Luperca, seekor serigala. Dalam mitologi Turki menyatakan bahwa mereka adalah keturunan dari serigala. Selain itu, penduduk asli Amerika menyembah serigala sebagai dewa, dan melihatnya sebagai simbol keberanian, arah, keluarga, daya tahan, dan kecerdasan.

Serigala (Foto: 3.bp.blogspot.com)

8. Anjing. Selama festival Kukur Tihar di beberapa bagian Nepal, anjing diberi makanan-makanan lezat dan dihormati dengan kalungan bunga marigold, mengenakan tilak, dan membakar dupa. Dalam budaya Hindu, Dewa Dattatreya digambarkan dengan empat anjing, dan anjing-anjing itu mewakili empat kitab Weda, yakni Regweda, Samaweda, ‎Wedangga, ‎dan Yajurweda.

Anjing (Foto: 3.bp.blogspot.com)

9. Kambing. Kambing adalah salah satu dari 12 hewan yang menjadi simbol zodiak China. Kuil Karnak di Mesir memiliki sphinx berbentuk biri-biri jantan. Karakter mitologi Yunani, Silenus dan Satyr, memiliki penampilan seperti kambing.

Kambing | Via: istimewa

10. Kuda. Dalam mitologi Yunani, Poseidon adalah salah satu dewa penting yang menciptakan kuda. Dalam Hindu dan Budha, Kuda dikultuskan. Suku Gond di India memuja kuda. Hewan yang juga ada di eropa dilambangkan kekuatan dalam budaya Balkan.

Kuda (Foto: scendry.files.wordpress.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading