Sukses

Lifestyle

Berbeda, Tempat Ini Baru Ucapkan Niat Salat Tarawih Nanti Malam

Fimela.com, Jakarta Hilal terlihat di 93 titik, muslim di Indonesia pun berbondong-bondong mengucapkan niat salat tarawih kemarin, Minggu (5/6), malam, mengingat hasil sidang isbat yang diumumkan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menetapkan 1 Ramadan jatuh hari ini, Senin (6/6).

Meski keseragaman terjadi di Indonesia dan beberapa negara, namun tetap ada yang memulai Ramadan di waktu berbeda. Sebagaimana diwartakan thenews.com.pk, berdasarkan pemantauan hilal yang dilakukan, sebagian besar muslim di Asia Selatan baru akan menjalankan ibadah puasa hari pertama esok, Selasa (7/6).

Ribuan orang memadati Masjid Istiqlal untuk melaksanakan Salat Tarawih di malam pertama Ramadan, Jakarta, Rabu (17/6/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tak hanya Indonesia, penetapan ini pun berbeda dengan sejumlah negara, seperti Jepang dan Australia. Berdasarkan laporan Times of India, muslim yang bertinggal di Tokyo telah menyelenggarakan ibadah salat tarawih kemarin malam, Minggu (5/6). Pun dengan pemeluk Islam di Australia.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, keputusan berdasarkan pantauan hilal ini memang kerap berbeda. Pengambilan kesimpulan tersebut nantinya akan mempengaruhi kapan seorang muslim akan mengucapkan niat salat tarawih pertama. Meski demikian, hal itu tentu tak dijadikan indikator dalam kekhusyukan beribadah.

Petugas dari PBNU melalui teleskop mencoba melihat hilal di lantai atas Gedung Seasons City, Jakarta, Minggu (5/6/2016). Penglihatan Hilal dan Rukyat tersebut dilakukan untuk menetapkan awal Ramadhan 1437 Hijriah. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading