Sukses

Lifestyle

Juru Kunci Gereja Makam Yesus Ternyata Orang Islam

Fimela.com, Jakarta Bagi orang-orang yang memeluk agama Kristen keberadaan gereja yang diberi nama ‘The Holly Sepulchre’ di Kota Tua Yerusalem tentulah sangat berharga. Pasalnya mereka meyakini bahwa gereja tersebut menjadi tempat disalib, dimakamkan, dan kebangkitannya Yesus.

Namun ternyata ada cerita unik dibalik keberadaan Gereja Makam Yesus tersebut, juru kunci gereja ternyata orang Islam. Ya, keluarga muslim bahkan sudah bertahun-tahun menjadi juru kunci dari gereja yang dimiliki oleh enam golongan Kristen, yakni Ortodoks Yunani, Ortodoks Armenia, Katholik, Ortodoks Siria, Ortodoks Koptik Aleksandria-Mesir, dan Ortodoks Ethiopia Tewahedo.

Penjaga pintu Gereja Makam Yesus saat ini, Wajeeh Nusseibeh (Foto: tcfilm.ch)

Dikutip dari Deutsche Welle, hal tersebut dilakukan lantaran keenam golongan Kristen tidak pernah akur, bahkan untuk urusuan pembersihan gereja pastinya mereka akan selalu memulainya dengan pertengkaran. Takut pertengkaran akan semakin memuncak, maka diputuskanlah bahwa kunci gereja dipegang oleh keluarga Muslim.

Selama 1.300 tahun keluarga Muslim yang menjadi juru kunci adalah keluarga Nusseibeh. Penjaga pintu Gereja Makam Yesus saat ini, yakni Wajeeh Nusseibeh setiap harinya bertugas untuk mengunci gereja sebelum matahari terbenam, lalu membukanya sebelum fajar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading