Sukses

Lifestyle

Lupakan Sistem Kebut Semalam, Ini 5 Cara Belajar yang Efektif

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memang punya cara belajar masing-masing. Ada yang belajar setiap hari sambil mendengarkan musik. Ada juga yang belajar terjadwalkan, seperti di hari tertentu atau minggu tertentu. Nah, sebagian lainnya belajar satu hari sebelum ujian. 

Sebagian lainnya merasa sudah bekerja keras dalam menghafal dan mengingat semua pelajaran. Tapi, hasilnya tetap saja sama. Nilai masih juga jeblok dan rapor tetap merah. Kamu akhirnya sulit untuk lulus mata kuliah tersebut. Tapi, jangan bersedih, karena ada beberapa cara yang bisa meningkatkan kemampuan belajarmu. 

1. Jangan terpaku dengan tempat yang sama. Keluarlah dari perpustakaan dan ruang kamarmu. Jadilah kreatif dalam menemukan banyak cara untuk belajar. Misalnya, belajar di taman kota, atau menghafal sambil bersepeda. 

2. Dari pada belajar sebelum tidur atau sepulang dari kampus, lebih baik belajar pada pagi hari. Kuncinya, kamu harus tidur lebih awal, bangun pagi-pagi sekali dan langsung belajar. 

 

A photo posted by Berra* (@blaressa) on

3. Berhentilah menandai bagian penting di buku cetak. Karena, yang kamu butuhkan adalah sebuah pemahaman yang utuh. Bukan penggalan-penggalan bagian terpenting. Lebih baik buat mind map. 

 

A photo posted by 🐻 Nurçin (@yolunsonundamutlu) on

4. Jangan hanya membaca buku, tapi kamu juga harus mencatat. Karena ketika kamu menulis, kamu tak hanya sekadar menulis tapi juga membaca. 

 

A photo posted by Caroow, yo. (@carowoha) on

5. Tak ada keberhasilan tanpa konsistensi. Jangan harap kamu mendapatkan nilai bagus tanpa belajar secara teratur dan tiap hari. Konsistenlah dalam belajar. Raih nilai yang baik tanpa mencontek. 

 

A photo posted by Alisè (@elisa_lio) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading