Sukses

Lifestyle

Ingat 4 Hal Ini Ketika Teman Pinjam Uangmu Terus

Fimela.com, Jakarta Meminjamkan uang memang kadang membuatmu lebih bahagia. Bukan karena ingin dikatakan orang baik, tapi menolong orang yang sedang kesusahan memang akan membuahkan kebahagiaan. Tapi, kamu juga harus memastikan kalau keuanganmu aman sebelum meminjamkannya kepada orang lain. 

Perkara utang, pasti ada saja masalahnya. Salah satunya adalah menghadapi orang yang sulit sekali ditagih. Memang, ada beberapa orang yang langsung menepati janji dan mengembalikannya di waktu yang sudah disepakati. Ada juga yang diam-diam lupa atau bahkan melupakan. Nah, Bintang.com punya ide bagaimana menghadapi teman yang pinjam uangmu terus-menerus. 

1. Jangan takut untuk menolak. Kamu bukan ATM yang bisa kapan saja mengeluarkan uang ketika teman-temanmu butuh. Kamu juga memiliki keperluan. Pastikan kamu memikirkan dirimu sendiri terlebih dahulu, sebelum menolong orang lain. 

2. Tak perlu mengingatkan orang yang meminjam uangmu setiap hari. Kamu hanya perlu mengingatkan mereka sekali hingga mereka mengembalikan uang yang dipinjam kepadamu. Kalau kamu tidak punya uang, bilang saja terus terang. Lagi pula, jarang ada orang yang lupa kalau mereka punya utang. Mereka cuma belum bisa atau belum mau bayar. 

3. Dari pada mengingatkan mereka untuk cepat melunasi utangnya, lebih baik kamu melakukan aktivitas bersama-sama mereka. Misalnya, makan siang bareng, nonton bareng, atau lainnya. Nah, ketika kalian membicarakan tentang jumlah pembayaran, bilang saja kalau dia masih ada utang sekian rupiah. Jadi, biarkan dia yang bayar tagihan. 

4. Yah, utang pada dasarnya adalah utang. Kadang, kamu hanya harus membuat mereka mengerti kalau menagih utang itu bukan perkara nominalnya. Berapa pun utang yang kamu punya, ya harus dibayar. Cuma, kamu harus pintar-pintar cari cara agar mereka mengerti. Karena ada beberapa orang yang paham hanya dengan berbicara baik-baik, ada juga yang harus menggunakan ekstra tenaga. 

 

A photo posted by @debtmoney on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading