Sukses

Lifestyle

9 Atlet yang Mengharumkan Nama Indonesia

Fimela.com, Jakarta Para pejuang bangsa telah mengorbankan segenap jiwa dan raga untuk meraih kemeredekaan Indonesia. Sebagai bangsa yang sudah merdeka adalah tinggal menjaga kemerdekaan dan terus berkarya untuk memajukan dan mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

Setelah Indonesia mengumumkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, sudah banyak anak bangsa yang menginspirasi dari berbagai profesi dengan membawa harum Indonesia di mata dunia.
Dari dunia olahraga, misalnya. Lewat filosofi Olimpisme dan sumpah “Demi Kejayaan Olahraga dan kehormatan negeri”, atau “ For the glory of sport and the honor of our teams“, para atlet Indonesia terus berjuang segenap daya dan upaya demi mengharumkan nama bangsa.

Berikut 9 atlet yang sudah mengharumkan nama bangsa ;

1. Susi Susanti

Susi Susanti | Liputan6.com
Nama lengkapnya Lucia Fransisca Susi Susanti. Lahir di Tasikmalaya 11 Februari 1971. Susi berhasil merebut emas Olimpiade Barcelona 1992. Medali emas ini adalah medali emas pertama Indonesia selama mengikuti olimpiade dan menjadi sejarah yang selalu dikenang. Susi juga merupakan salah satu pemain yang mendapatkan gelar Hall Of Fame dari World Badminton Federation.

2. Liem Swie King

Liem Swie King saat wawancara bersama Liputan6.com di kediamannya di Jakarta, Selasa (22/9/2015). (Liputan 6.com/Angga Yuniar)

Adalah legenda bulu tangkis Indonesia. Pria yang lahir di Kudus pada 28 Februari 1956 ini berhasil memenangkan kejuaraan All England pada tahun 1978, 1979, dan 1981. Kehidupan dan prestasinya menginspirasi sebuah film berjudul King.

3. Yessy V Yosaputra

Yessy V Yosaputra. (Foto: blogspot.com)

Atlet kelahiran 27 Agustus 1994 ini berhasil memecahkan rekor di ajang perlombaan Sea Games tahun 2011 saat usianya masih berumur 17 tahun. Yessy Yosaputra berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya belum pernah terpecahkan selama 18 tahun.
Rekor yang dipecahkan oleh Yessy adalah renang nomor 200 meter gaya punggung putri, ia berhasil menyelesaikannya dalam waktu 2 menit 15,73 detik. Rekor sebelumnya dipegang oleh seorang perenang asal Filipina yang bernama Akiko Thomson dengan 2 menit 16,76 detik pada tanggal 13 Juni 1993.

4. Eko Yuli Irawan

Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan bercerita soal target jangka pendek dan proyeksi emas di Olimpiade Tokyo 2020. (Waliyadin/Liputan6.com)

Eko meraih medali perak di kelas 62 kg dalam kategori olahraga angkat besi putra Olimpiade Rio 2016. Medali tersebut merupakan medali ketiga yang dihasilkan oleh Eko di ajang Olimpiade. Setelah sebelumnya ia meraih medali perunggu di ajang Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

5. Sri Wahyuni

Sri Wahyuni Agustiani, saat tampil pada kategori wanita 48kg angkat besi pada Olimpiade Rio 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (6/8/2016). (AP Photo/Mike Groll)

Bagi Sri Wahyuni, kerja kerasnya selama lebih dari 15 tahun akhirnya berbuah manis. Ia membawa pulang medali perak pada kelas 48 kg angkat besi kategori Putri di Olimpiade Rio 2016.

6. Chris John

Chris John menghadiri timbang badan petinju Daud Yordan. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Chris John menjadi petinju Indonesia keempat yang berhasil memenangkan gelar juara dunia setelah Ellyas Pical, Nico Thomas dan Muhammad Rachman.

7. Irene Kharisma Sukandar

Setelah Utut Adianto yang banyak mengukir prestasi dan membawa harum nama bangsa di bidang kejuaraan catur, ada juga Irene Kharisma Sukandar yang berhasil melangkah hingga kancah percaturan dunia. Wanita kelahiran 1992 ini menjadi Woman Grand Chess Master Indonesia yang pertama. Ia juga wanita Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar International Master.

8. Yayuk Basuki

Berhasil membawa nama Indonesia ke kancah dunia dalam kejuaraan tenis. Dia menjadi petenis paling terkenal pada tahun 1990an setelah sukses menjadi petenis Indonesia pertama yang menjuarai turnamen profesional. Sepanjang karirnya, Yayuk Basuki berhasil menjuarai enam kejuaraan WTA Tour kelas tunggal.

9. Elsa Manora Nasution

Elsa Manora Nasution. (Foto: liputan6.static6.com)

Atlet renang yang sudah pensiun ini mewakili Indonesia pada Summer Olympics tahun 2000 di Syndey, Australia. Kemudian pada tahun 2003, ia berhasil meraih medali perunggu di nomer 100 meter gaya punggung di kejuaraan Southeast Asian Games. Atlet yang mengambil spesialisasi gaya punggung ini juga mengikuti berbagai pertandingan seperti Asian Championships di Busan, Korea Selatan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia Absen dari Miss Universe 2021 yang Digelar di Israel
Artikel Selanjutnya
Mulai 1 Desember 2021, Warga Indonesia Diizinkan Masuk ke Arab Saudi