Sukses

Lifestyle

Lupus, Penyakit Misterius yang Serang Selena Gomez

Fimela.com, Jakarta Berita mengejutkan datang dari Selena Gomez. Sudah diketahui sebelumnya, bahwa mantan Justin Bieber ini telah mengidap lupus semenjak tahun 2015. Miliki penyakit misterius yang ada di tubuhnya memang tak mudah. Hal tersebutlah yang membuat penderita lupus harus fokus menjaga kesehatannya.

Dilansir dari berbagai sumber, lupus merupakan penyakit yang tidak diketahui penyebabnya. Tak hanya itu, penyakit ini pun tidak bisa disembuhkan. Lupus merupakan sebuah penyakit autoimun. Artinya, sistem imunitas tubuh menyerang dirinya sendiri. Biasanya, sistem kekebalan tubuh akan menyerang sel, jaringan serta organ yang sehat.

Selena Gomez memutuskan untuk cuti dan fokus pada lupus yang dideritanya. (AFP/Bintang.com)

Sementara itu, terdapat 3 tipe lupus. Yakni Lupus Eritematosus Sistemik (SLE), Lupus Eritematosus Diskoid (DLE), dan lupus yang diakibatkan penggunaan obat. SLE merupakan tipe lupus yang menyerang jaringan serta organ tubuh. Perkembangannya perlahan dan bertahan lama. Namun terkadang penyakit tersebut bersifat lebih sementara sebelum kembali kambuh.

Image result for headache gif

DLE merupakan tipe yang menyerang kulit. Namun, meski pada umumnya miliki dampak pada kulit, jenis ini pun bisa menyerang organ tubuh lain. Biasanya DLE bisa dikendalikan dengan menghindari terkena sinar matahari langsung. Ramut rontok, pitak permanen atau ruam busa menjadi dampak DLE.

Obat-obatan pasti miliki dampak yang berbeda pada setiap orang. Ternyata, lebih dari 100 jenis obat yang bisa menyebabkan efek samping yang hampir sama dengan gejala lupus. Namun, gejala tersebut bisa hilang ketika berhenti mengonsumsi obat tersebut..

Image result for itchy gif

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading