Sukses

Lifestyle

Kurangi Biaya Traveling, Ini 9 Negara Bebas Visa di Eropa

Fimela.com, Jakarta Tak selalu bermewah-mewah. Kadang kala kamu mungkin harus menekan biaya ketika travelingDari sekian banyak faktor yang bisa dipertimbangkan, bagaimana kalau kali ini menyertakan opsi soal bepergian ke negara bebas visa?

Bukan melulu Asia Tenggara. Pasalnya sejumlah negara di luar ASEAN juga membebaskan visa bagi pemegang paspor Indonesia, meski beberapa di antaranya menyertakan syarat yang harus dipenuhi. Namun, tetap saja bisa diusahakan agar estimasi biaya perjalanan berkurang.

Jika hendak ke Eropa tanpa mengurus visa, Skyscanner memberi daftar negara mana saja yang bisa kamu kunjungi. Dengan pemandangan menakjubkan dan sensasi tiada dua, siapa yang tak tergoda untuk singgah di tempat-tempat berikut?

Armenia. Dengan visa on arrival yang bisa langsung diurus di imigrasi Zvartnots International Airport, kamu bisa berdiam di Armenia hingga 120 hari ke depan. Kosovo. Seperti Armenia, kamu tinggal mengurus visa on arrival di Pristina International Airport untuk maksimal 90 hari kunjungan.

Serbia. Bebas visa bisa didapat pemegang paspor dinas atau paspor diplomatik selama 14 hari. Andorra. Bebas visa ini berlaku untuk 9 hari kunjungan. Namun untuk masuk ke Andorra, turis harus melewati Spanyol atau Perancis, di mana di negara-negara itu kamu membutuhkan visa Schengen.

Tatev monastery, Provinsi Syunik, Armenia. (RepatArmenia)

Andorra, salah satu negara di dunia yang tak punya tentara. | via: AP

Georgia. Tinggal mengurus visa on arrival di Tbilisi International Airport kamu bisa menjelajah Georgia selama maksimal 90 hari. Turki.  Terdapat dua opsi, yakni menggunakan e-Visa yang diurus sebelum keberangkatan atau memanfaatkan visa on arrival di Istanbul Atatürk Airport untuk masa kunjungan 30 hari.

Kroasia. Primadona di timur Eropa ini gratis visa bagi pemegang paspor dinas atau diplomatik selama 14 hari. Rusia. Seperti Kroasia, kategori yang digratiskan visa oleh Rusia pun pemegang pasor dinas atau diplomatik untuk 14 hari kunjungan.

Belarus. Visa turis bisa didapat di Bandara Minsk saat kedatangan dan berlaku untuk 30 hari. Demi memperolehnya, kamu hars mengurus invitation (tourist voucher) dari biro travel resmi secara online lebih dahulu. Juga, memiliki surat keterangan kesehatan dan data tempat menginap di Belarus. Semuanya dibawa ke loket visa on arrival di Minsk National Airport.

Dubrovnik, Kroasia | via: valamar.com

Cappadocia, Turki. (nationalparksofturkey.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading