Sukses

Lifestyle

Pasangan yang Baik Bikin Badanmu Lebih Sehat, Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Pengertian dan perhatian dari pasangan ternyata bukan cuma bikin hati berbunga-bunga penuh cinta, tapi juga membuat tidur lebih nyenyak. Setidaknya begitulah kata sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Middle East Technical University, Turkey.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa seseorang dengan pasangan yang responsif memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah, yang mana berakibat meningkatkan kualitas tidur", ujar Emre Selcuk yang memimpin penelitian tersebut dikutip dari Indiatimes.com.

Salah satu fungsi penting dari tidur adalah untuk menjaga kita dari penurunan kesehatan fisik, yang mana itu hanya dapat terwujud ketika kita memiliki tidur yang berkualitas, atau dikenal dengan "restorative sleep", yakni tidur dengan perasaan nyaman, aman, terlindungi dan tanpa "ancaman". Perasaan itu bisa didapatkan dari beberapa sumber, salah satunya, pasanganmu.

Rupanya bagaimana sikap pasanganmu dapat mempengaruhi kualitas tidurmu. (Foto: creativestockphoto.com)

"Memiliki pasangan yang responsif yang dapat menjaga dan membuat kita nyaman adalah cara yang paling efektif bagi manusia untuk menghindari kecemasan", lanjut Selcuk.

Berdasarkan data dari Midlife Development di US, ada sebuah penelitian yang menunjukkan keterkaitan antara partner responsiveness, kesehatan fisik, dan kesejahteraan psikologis selama beberapa tahun.

"Kalau dikaitkan, kumpulan bukti yang kami peroleh beberapa tahun terakhir adalah bahwa pertaruhan terbaik kita untuk mendapatkan hidup yang bahagia, sehat dan panjang adalah dengan memiliki pasangan yang responsif", kata Selcuk lagi.

Ya, memiliki pasangan yang baik ternyata tidak hanya bisa meningkatkan kebahagiaan psikologis dan mental kita, tapi juga kesehatan fisik! :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading