Sukses

Lifestyle

Pesan Damai Kapolri Perihal Demo 4 November

Fimela.com, Jakarta Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta pihaknya mengawal aksi demonstrasi damai 4 November yang direncanakan berlangsung siang ini. Berdasarkan laporan Liputan6.com, ia juga berpesan agar tiap personel tetap tenang menghadapi demonstran. Kemudian, Tito juga mengimbau pengunjuk rasa tetap menjaga norma dan aturan yang berlaku.

"Pegang teguh koridor untuk tidak mengganggu hak asasi warga lainnya, tidak mengganggu ketertiban umum, mengindahkan etika dan moral sebagai orang timur dan menjaga persatuan kesatuan bangsa," kata Tito dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (4/11). Tito juga menyarankan warga yang tak ikut berunjuk rasa untuk beraktivitas seperti biasa dan tak ada pihak manapun yang mengunggah informasi tak jelas di media sosial.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan arahan saat memimpin apel gelar pasukan ops Mantap Praja Jaya dalam rangka PAM Pilkada Serentak 2017 di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (12/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menyampaikan pesan damai dalam tiga poin. Pertama, petugas keamanan dapat melaksanakan tugas dan melindungi pengunjuk rasa agar tertib dan damai, serta menghindarkan warga dari tindakan pelanggaran hukum. Jangan memprovokasi dan terprovokasi pihak-pihak yang ingin memancing kemarahan.

Kedua, para pengunjuk rasa menggunakan hak kebebasan berekspresi dengan damai dan konstitusional. Jangan sampai mengganggu hak asasi warga lain, tak mengganggu ketertiban umum, mengindahkan etika dan moral sebagai orang timur, juga menjaga persatuan kesatuan bangsa.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meninjau pasukan TNI dan Polri saat apel kesiapsiagaan pengamanan tahap kampanye Pilkada Serentak 2017 di Silang Monas, Jakarta, Rabu (2/11). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sedangkan pesan ketiga ditujukan pada warga yang tak ikut aksi demo 4 November penuntutan proses hukum dugaan penistaan agama oleh Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yakni tetap bekerja dengan tenang, hindari titik demo agar terhindar dari kemacetan, serta jangan upload dan share info media sosial yang tak jelas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading