Sukses

Lifestyle

Tiramisu, Bikin Semangat dan Menggoda

Fimela.com, Jakarta Salah satu makanan penutup atau dessert paling populer di dunia adalah Tiramisu. Bukan hanya lezat, Tiramisu sebagai sajian pencuci mulut ikonik dari Italia ternyata juga punya makna yang unik.

Chef pastry dan bakery Odie Jamil menjelaskan kalau Tiramisu dalam bahasa Inggris mengandung arti "cheer me up" atau "pick me up", karena dalam sepotong Tiramisu terdapat luapan cita rasa yang menggoda. "Tiramisu mudah diterima masyarakat karena rasanya yang simpel dan kompleks yang familiar dengan lidah orang Indonesia," terangnya, seperti dilansir dari antaranews.com.

 

Tiramisu tart☕ تارت کیک تیرامیسو🍫😍 💭اللهمَّ صل على محمد و آل محمد و عجل فرجهم... تشکر از صفحه : @fesaaa برای کیک شکلاتی: 🍫3 تخم مرغ 🍫2 قاشق غذاخوری پودر کاکائو 🍫1 لیوان بعلاوه 1 قاشق غذاخوری آرد 🍫1 لیوان شکر 🍫5 گرم بکینگ پودر 🍫5 گرم وانیل شکری 🍫2 قاشق غذاخوری آب جوش(برای حل کردن پودر کاکائو) 🍫2 قاشق غذاخوری روغن مایع - برای کرم: 🌼نیم لیتر شیر 🌼2 قاشق غذاخوری آرد(یا اگه مزه آردو دوس ندارین، نشاسته) 🌼2 زرده تخم مرغ 🌼1 استکان شکر(حدود 1/2 پیمانه)(به اختیار کم یا زیاد کنین) 🌼5 گرم وانیل شکری 🌼3/4 بسته پنیر خامه ای یا ماسکارپونه(حدود 150 گرم) 🌼خامه(اختیاری) - 📝برای کیک ،تخم مرغ ها و شکر رو خووب بزنین، پودر کاکائو رو در آب جوش حل کنین و اضافه کنین، روغن رو اضافه کنین و در آخر آرد رو که با بکینگ پودر و وانیل الک کردین رو اضافه کنین و با لیسک زیرو رو کنین. 📝برای کرمش، بجز پنیر خامه ای(یا ماسکارپونه) خامه و وانیل، همه مواد رو با همزن بزنین و بپزین تا غلیظ شه بعد از شعله بردارین و پنیر، خامه و وانیل رو اضافه کنین و خوب هم بزنین. 📝کیک رو با آب-نسکافه یا شیر-نسکافه خیس کنین، روش کرم رو بمالین و روش پودر کاکائو(دوس داشتین کمی هم دارچین) الک کنین و تزیین کنین. - #زهراجون_کیکها #زهراجون_دسرها #زهراجون_چیزکیکها #زهراجون_شکلاتی #پاییز

Foto kiriman آشپزی.کیک و شیرینی.دسر📝بادستور (@ashpazi_zahrabanoo) pada

"Tiramisu juga punya makna yang menarik "cheer me up" artinya begitu dimakan kita langsung merasa happy dan bersemangat lagi," sambungnya. Dari sisi sejarah chef Odie menjelaskan kalau Tiramisu mulai dikenal pada 1969, pertama kali dibuat di Italia oleh seorang chef pastry yang iseng membuat kudapan bersama asistennya.

Mulai dari situ, tiramisu kemudian booming ke seluruh negara. Meskipun begitu komponennya tetap dijaga sehinga cita rasanya tetap sama. Rasa creamy-nya pas dan tidak terlalu manis.

Rasa dasar cake tiramisu ini juga beragam, ada yang berasa kopi, stroberi, lemon, coklat, bahkan dengan campuran rum. Ada yang dibuat dalam bentuk kue dan bahkan ada yang berbentuk puding. Selain rasanya yang simpel, yang membuat Tiramisu familiar dan mudah diterima oleh masyarakat luas, adalah cara membuatnya yang mudah.

 

Na osłodę Soboty Tiramisu w niezawodnym Manekinie ❤️

Foto kiriman Feed Me 🍫 (@feedmepoland) pada

"Tidak perlu teknik baking (memanggang), tinggal campur kopi, cocoa, ditambah biskuit atau dalam bahasa Inggris ladyfinger," ujar chef Odie. Kamu sendiri termasuk penyuka tiramisu yang berasal dari Italia ini?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading