Sukses

Lifestyle

20 Titik Banjir di Bandung

Fimela.com, Jakarta Lewat akun Twitter, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap, setidaknya ada 20 titik banjir di kota Bandung, Jawa Barat. Sebagaimana dimuat Antara, wilayah-wilayah tersebut meliputi Jalan Pagarsih, Jalan Wastukancana, Jalan Lodaya, Jalan Pasirkoja, Jalan A. Yani, Jalan Sukagalih, Jalan Sudirman, Jalan Waringin (Pasar Andir), Jalan Laswi, Jalan Burangrang, Jalan Stasiun Timur, Jalan Kebon Jati, Stasiun Bandung, Jalan Caringin, Jalan Otista, Jalan dr. Djundjunan, Jalan Kopo, Jalan Manado, Jalan Serayu dan Rumah Sakit Cicendo.

Soal penyebab, pihak BNPB mengatakan terjangan banjir terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Bandung dan sekitarnya pada Minggu (13/11) sore dan baru mulai reda pada Minggu (13/11) malam. "Banjir disebabkan beberapa sungai meluap seperti Sungai Citepus. Tinggi banjir sekitar 30-60 cm dengan arus yang kencang seperti yang terjadi di Jalan Wastukancana," kicau BNPB.

Banjir di Kabupaten Bandung meluas ke Rancaekek dan Majalaya.

Tak hanya banjir, hujan itu pun dikatakan jadi penyebab beberapa pohon tumbang di Jalan Manado, Jalan Kopo, Jalan Serayu, Jalan Otista dan Stasiun Kereta Api Bandung. "Kerugian yang ditimbulkan banjir dan pohon tumbang di Kota Bandung adalah 2 unit mobil rusak berat, beberapa rumah rusak sedang, satu bangunan rusak sedang, arsip pasien di RS Cicendo rusak berat dan operasional kereta api terhambat selama dua jam dan menghanyutkan perabotan rumah," ungkap BNPB, seperti diwartakan Antara.

Berdasarkan laporan Antara, hingga pada Minggu (13/11) sekitar pukul 22.00 WIB genangan banjir di beberapa titik di Kota Kembang terlihat berangsur surut, termasuk di depan Stasiun Kereta Api Bandung dan Rumah Sakit Cicendo. Namun, kepadatan sempat terlihat di Jalan Otista karena masih berlangsung pembersihan pohon dan tiang listrik yang tumbang.

Kawasan Jalan Rancaekek perbatasan Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kembali terendam banjir setelah diguyur hujan deras, Jumat (11/11/2016). (Liputan6.com/Aditya Prakasa)

Akibat luapan sungai di Kecamatan Rancaekek, Bandung, kata BPBD, terdapat 2.802 rumah terendam. "Jumlah keseluruhan 2.802 rumah, 3.002 KK terdiri dari 8.038 jiwa," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Jawa Barat, Alif Nur Anhar, di Bandung, Senin (14/11), seperti dimuat Antara. Hingga kini, pihak BNPB mengaku masih bekerja sama dengan BPBD Jawa Barat untuk menanggulangi banjir di sejumlah titik di Bandung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading