Sukses

Lifestyle

3 Sebab Pendarahan Usus Seperti yang Diderita Sarlito Wirawan

Fimela.com, Jakarta Prof. Sarlito Wirawan, yang dulu sempat menjadi saksi ahli kasus Jessica Wongso tutup usia pada Senin (14/11) pukul 22.15 WIB di Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta Pusat. Sebelum tutup usia, Sarlito sebenarnya sempat diminta Badan Reserse Kriminal Mabes Polri untuk menjadi saksi dalam kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

Namun, lantaran kesehatannya tiba-tiba melorot, dia langsung dilarikan ke rumah sakit. Kepada Liputan6, menantu almarhum Orchida Ramadhania mengatakan penyebabnya pendarahan usus. Pendarahan usus ini bukan penyakit baru. Ada banyak orang yang memang akhirnya kondisinya menjadi sangat kritis, bahkan meninggal dunia, lantaran pendarahan ini. Tapi, apa penyebabnya usus mengalami pendarahan? Berikut pembahasannya menurut WebMD yang dikutip Liputan6.

1. Sebab yang pertama adalah peradangan lambung. Lambung yang meradang kemungkinan akan mengakibatkan pendarahan. Penyebabnya bermacam-macam. Bisa terjadi karena alkohol, bisa juga karena mengonsumsi obat-obat pereda rasa sakit. 

Hingga saat ini, penyebab kanker usus belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor risiko yang perlu diwaspadai.

2. Seperti kulit, usus ternyata juga bisa borokan. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kelebihan asam lambung dan infeksi Helicobacter pylori. Nah, borok usus ini juga bisa menjadi penyebab pendarahan usus. 

(Ilustrasi) Pendarahan Usus | via: Liputan6.com

3. Sementara, Healthline.com menulis, radang usus besar juga bisa menyebabkan usus berdarah. Penyebabnya, bisa karena ifeksi, keracunan makanan, parasit, atau kekurangan aliran darah pada kolon. Namun sejauh ini, pihak keluarga belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai penyebab pendarahan yang mengakitbakan Prof. Sarlito Wirawan tutup usia. 

Kalau orang merasa stres, marah, dan tertekan,  akan merasakan sakit pada perutnya. Apa alasannya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading