Sukses

Lifestyle

Mantan Menteri Keuangan Mar’ie Muhammad Dirawat di Rumah Sakit

Fimela.com, Jakarta Salah seorang menteri atau tokoh yang dikenal bersih adalah Mar’ie Muhammad, mantan Menteri Keuangan (Menkeu) di era Soeharto. Mar’ie menjabat sebagai Menkeu di periode 1993 sampai 1998. Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai Dirjen Pajak di tahun 1988 sampai 1993. Saat ini dia sedang terbaring sakit.

Berita tersebut diungkapkan oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD di akun Twitter-nya. "Berdoa utk kesembuhan kanda Mar'ie Muhammad (Menkeu yg Mister Clean). Sekarang sedang dlm perawatan di RS Pusat Otak Nasional, Cawang," tulis Mahfud MD pada 17 November kemarin.

Mar'ie Muhammad lahir di Surabaya, Jawa Timur, 3 April 1939. Sosoknya dikenal sebagai Mr Clean karena perjuangannya memberantas korupsi di era Orde Baru. Seperti dilansir dari liputan6.com, tindakan nyata yang dilakukan Mar’ie adalah menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang dinilai terlalu besar.

Kebijakan menonjolnya selama menjadi Menkeu adalah upaya mengatasi kredit macet dengan empat jurus penyehatan bank. Keempat jurus itu adalah meningkatkan kolektibilitas kredit yang telah disalurkan, pemberian kredit harus benar-benar berdasarkan kaidah perbankan yang sehat, setiap kredit yang diberikan harus benar-benar diawasi penggunaannya tanpa mencampuri masalah intern penerima kredit, dan menurunkan biaya overhead.

Mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad. (Kementerian Keuangan)Pria berkacamata tebal ini juga dikenal berpenampilan sederhana, suka melakukan jogging dan bahkan tanpa pengawalan meski berstatus sebagai pejabat.

Setelah tak lagi menjabat sebagai Menkeu, Mar'ie Muhammad pernah menjadi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) periode 1999-2009. Setelah itu menjadi Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI) dan Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI).

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading