Sukses

Lifestyle

Penyebab Kapal Terbakar di Muara Angke Masih Jadi Tanda Tanya

Fimela.com, Jakarta Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) bersama instansi terkait masih menyelidiki penyebab kapal terbakar, Minggu (1/1). Ketua Tim Investigasi Pelayaran Zahro Exspres KNKT Captain Aldrin Dalimunte mengatakan, pihaknya menggunakan kapal pembanding untuk melakukan penyelidikan.

"Pagi sudah survei analisis terhadap kapal sejenis yang nggak jauh beda dengan konstruksi dan permesinan. Yang beda, Kapal Zahro ini memiliki kabin tertutup yang kedap udara karena menggunakan AC. Yang banyak kan pada terbuka saja," jelas Aldrin di Pelabuhan Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara, Senin (2/12), seperti dimuat Liputan6.com.

(Istimewa)

Kapal Zahro Exspres dikatakan hanya memiliki satu mesin untuk memacu perjalanan anta rpulau.  Namun, kata Aldrin, mesin yang panas punya pengaruh paling kecil untuk jadi penyebab terbakarnya kapal. Sebab, kapal tersebut masih tergolong baru dan memiliki mesin yang bagus. "Kemungkinan (overheat) nggak karena mesin masih tergolong baru," ucapnya.

Hingga kini, sumber api penyebab terbakarnya Kapal Zahro Expres masih menjadi tanda tanya, lantaran ketika kejadian berlangsung tak terdengar ledakan atau suara dentuman dari kapal yang mengangkut ratusan wisatawan menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu tersebut.

Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah dari atas kapal Zahro Express yang terbakar, di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Minggu (1/1). Kebakaran kapal penumpang di perairan Pulau Untung Jawa itu diduga berawal dari mesin kapal. (REUTERS/Darren Whiteside)

"Perlu analisa lebih dalam. Karena tidak terdengar ledakan. Berarti nggak ada sumber api yang dimulai dari itu," sambung Aldrin. Dugaan sementara, terjadi korsleting pada bagian mesin kapal. "Sumber api yang dimulai dari pecahnya mesin. Ini silent, tapi percikan ada. Mesin kapal diesel nggak mungkin ada percikan api," ucapnya.

Berdasarkan keterangan Aldrin, hasil penyelidikan kapal terbakar sejauh ini menyimpulkan arah api berasal dari belakang mesin. "Dari sumber api, mungkin ada sumber bahan lain yang bisa menyebabkan cepatnya api merembet. Jadi diduga itu bisa membakar dengan cepat bahan kayu atau fiber kapal atau menghabisi barang-barang penumpang lain di kapal tersebut," tuturnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading