Sukses

Lifestyle

Belum Ada Obat yang Bisa Sembuhkan Sulami Si Manusia Kayu

Fimela.com, Jakarta Sulami, wanita yang dikenal sebagai manusia kayu asal Sragen ini tengah mendapat pengobatan medis di Rumah Sakit Moewardi, Solo.

Sulami mengalami penyakit langka ankylosing spodilitis yakni pengerasan pada tulang yang memgakibatkan kekakuan pada hampir seluruh persendian tubuhnya.

"Penyakit ini memang langka. Tapi bukan berarti tidak ada. Kami beberapa kali menangani kasus seperti ini. Tapi hingga saat ini penyakit ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan secara total. Jadi kami paling hanya bisa memcegah peogresifitas agar tidak lebih parah lagi," kata ketua tim dokter yang memangani Sulami, dr. Arief kepada Bintang.com di RSUD dr. Moewardi, Rabu (25/1/2017).

Kelainan langka yang diidap Sulami membuatnya kaku seperti kayu. (Foto: bintang.com/Nurwahyunan)

Arief beserta tim dokter lainnya menargetkan Sulami bisa kembali duduk. Usia Sulami yang masih muda  membuat harapan target tersebut bisa lebih mudah tercapai. "Target kami sebetulnya di lutut dan panggulnya bisa membaik agar bisa duduk. Kalau yang tulang belakang memang agak susah karena kami juga audah koordinasi dengan dokter ortopedi dan itu memang susah karena sendi anatara satu yang satu sudah menyatu seharusnya kan ada jeda antara dua sendi," kata Arief.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading