Sukses

Lifestyle

Trik Lancar Kuliah Sambil Bekerja

Fimela.com, Jakarta Saat ini sudah banyak mahasiswa yang tidak ingin membebani orangtua dengan kuliah sambil bekerja. Namun, ada problem yang akan dihadapi mahasiswa yang bekerja karena harus bergelut antara waktu kerja dan kuliah.

Hentikan 9 kebiasaan di kuliah ini untuk kehidupan yang lebih baik

Beban itu membuat banyak mahasiswa yang memilih untuk berhenti kuliah demi memenuhi kebutuhan hidup atau sebaliknya. Padahal, keduanya bisa berjalan seiring. Dilansir dari Intisrionline, berikut tips-tips terbaik jika ingin bekerja sambil berkuliah tanpa harus mengorbankan keduanya.

Cari Pekerjaan yang Fleksibel

Carilah pekerjaan dan perusahaan yang memahami posisi kamu sebagai mahasiswa. Yang membuat kamu tetap berkarier namun tidak merusak prinsip mahasiswa.

Atur Manajemen Waktu

Tidak dipungkiri mahasiswa harus pandai mengatur waktu. Atur jadwal kuliah sebaik mungkin. Berikan waktu kosong pada weekend untuk jadwal bekerja. Jika ada ujian di kampus, ambil waktu setengah hari atau cuti dari pekerjaan. Jangan biarkan bekerja membuat nilai menjadi jatuh. Cari pekerjaan yang lokasinya tidak jauh dari kampus atau setidaknya punya akses mudah. Gunakan waktu dengan baik dan bijak agar keduanya menjadi mudah dilakukan.

ilustrasi

Tetap Fokus

Motivasi diri sendiri agar jangan lengah. Fokuskan dengan baik apa tujuan kamu untuk bekerja. Karena banyak orang yang menyerah sebelum menyelesaikannya, baik kuliah ataupun bekerja. Padahal jika bisa menyelesaikan keduanya akan menjadi dasar yang baik untuk melihat ke depan.

Terus Belajar

Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Ketika sudah lulus kuliah pun kamu harus tetap belajar. Belajar bisa dilakukan di mana pun. Ketika sedang menunggu bus atau ketika waktu istirahat di kantor. Jangan terlena karena kamu sudah mendapat pekerjaan lalu membuat kamu lengah dalam belajar. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading