Sukses

Lifestyle

Alami Vitiligo, Wanita Ini Bikin Tato Tubuhnya dengan Gambar Peta

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit normal tanpa ada satu pun kelainan pasti jadi impian setiap manusia. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa orang yang terlahir dengan keadaan kulit spesial dari yang lain. Seperti yang dialami oleh Ash Soto, perempuan dengan kelainan vitiligo.

Dikutip dari Bored Panda, Ash Soto, didiagnoasis vitiligo, yakni gangguan berupa timbulnya bercak-bercak yang berwarna lebih muda dari kulit normal dan lama kelamaan menjadi putih. Kelainan kulit tesebut membuat Ash Soto merasa malu akan kulitnya. Terutama setelah teman-temannya bertanya, apakah bercak putih di kulit Ash didapat setelah mandi dengan cairan pemutih.

Namun, seiring berjalannya waktu, Ash mulai menyadari untuk mencintai tubuhnya. Di usianya yang ke-21 tahun kini, ia mulai 'memeluk' kulitnya sebagai sebuah perbedaan yang harus dibanggakan. Salah satu cara Ash mencintai vitiligo yang dimiliki ialah dengan berjalan di depan umum tanpa kemeja lengan panjang.

Belakangan ini, Ash menantang dirinya sendiri agar menjadi sebuah seni yang indah dengan tato spidol. "Saya tidak pernah menyadari betapa indah vitiligo yang saya miliki sampai saya ukir dengan spidol hitam, itu benar-benar membantu untuk menampilkan warna yang berbeda dari kulit saya," kata Ash pada Daily Mail. "Sekarang apa yang orang lain anggap sebagai ketidaksempurnaan, saya telah membuatnya menjadi sesuatu yang lebih indah dan membuatnya lebih diterima daripada sebelumnya," imbuh Ash. Dihimpun dari Bored Panda, berikut sederet fotonya.

Ash memutuskan menutupi bercak vitiligo dengan menato seluruh bagian tubuh motif peta. (Via: boredpanda.com)

Ash memutuskan menutupi bercak vitiligo dengan menato seluruh bagian tubuh motif peta. (Via: boredpanda.com)

Ash alami kelainan pada kulit sejak 12 tahun. (Via: boredpanda.com)

Awalnya, Ash merasa terintimidasi dengan vitiligo yang dialaminya. Ash memutuskan menutupi bercak vitiligo dengan menato seluruh bagian tubuh motif peta. (Via: boredpanda.com)

Namun, tato yang dibuat Ash bukan tato permanen. Melainkan body painting. (Via: boredpanda.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading