Sukses

Lifestyle

Mau Kuliah di Belanda? Ini Lima Program Beasiswa yang Ditawarkan

Fimela.com, Jakarta Belanda adalah kota dengan populasi terpadat di Eropa. Kebudayaan Belanda yang cukup fleksibel dan 11 universitasnya yang menempati posisi 200 besar universitas terbaik di dunia membuat Belanda sebagai salah satu negara destinasi kuliah populer di dunia.

Selain kultur Indonesia juga cukup familiar, "urusan perut" pun tak terlalu jadi tantangan, karena banyak restoran setempat menyajikan kuliner Nusantara.

Oh iya, bagi kamu yang minat kuliah di Belanda, paling tidak, saat ini ada lima program beasiswa yang bisa dicoba para calon mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia. Persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah bahasa Inggris yang diuji dengan TOEFL atau IELTS.

Berikut lima program beasiswa yang ditawarkan seperti dilansir dari situs nvo.or.id

Stuned

Stuned adalah sebuah akronim dari Studeren in Nederland (Studi di Belanda). Beasiswa ini diberikan oleh Pemerintah Belanda khusus bagi warga Indonesia sebagai bentuk komitmen kerjasama dalam bidang pendidikan antara pemerintah Belanda dan Indonesia. Stuned menawarkan Beasiswa penuh (Biaya Studi + Biaya Hidup). Stuned memang diutamakan buat orang-orang yang bekerja di instansi yang menjadi mitra kerja kedutaan Besar Belanda, namun tidak berarti kamu yang tidak bekerja di instansi tersebut tidak bisa mendaftarkan diri.

Netherlands Fellowship Program (NFP)

Sama seperti Stuned, NFP juga menawarkan beasiswa penuh dan diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Belanda bagi beberapa negara di dunia, dan Indonesia adalah salah satunya. Namun bisa dibilang kesempatan mendapatkan NFP tidak sebesar Stuned, karena 50% beasiswa diberikan bagi orang-orang yang berasal dari benua Afrika. Selain itu NFP juga tertutup bagi kamu yang bekerja pada organisasi yang dinilai cukup untuk mendanai pengembangan staffnya.

Erasmus University Rotterdam | foto : RSM

Orange Tulip Scholarship (OTS)

Beasiswa OTS adalah beasiswa khusus bagi warga Indonesia yang melibatkan berbagai macam pihak dalam proses pendanaannya seperti perusahaan-perusahaan swasta, Pemerintah Indonesia, juga institusi pendidikan Belanda. Pihak sponsor yang berpartisipasi OTS setiap tahunnya bisa berubah-ubah. OTS menawarkan beasiswa parsial yang berupa potongan biaya perkuliahan (Tuition Fee). Selain itu Universitas yang terdaftar juga terbatas setiap tahunnya. Sehingga, kamu harus cek webpage OTS terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Universitas impianmu terdaftar dalam skema OTS tahun depan.

Beasiswa-Beasiswa dari Pemerintah Indonesia

Beberapa instansi kepemerintahan sudah menyiapkan dana beasiswa penuh setiap tahunnya yang bisa kita gunakan untuk studi dan tinggal di Belanda. Sebut saja contohnya Beasiswa Kominfo yang rutin memberangkatkan mahasiswa ke Belanda setiap tahunnya. Kementerian Keuangan juga menyediakan program Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) juga tersedia bagi kamu yang berprestasi dan mau mencobanya. Kementerian Pendidikan Nasional tidak ketinggalan menawarkan program Beasiswa Unggulan yang tentunya memprioritaskan kamu yang memiliki hati untuk kemajuan pendidikan dan prestasi Indonesia. Beberapa instansi pemerintah juga bersatu dan membentuk Beasiswa Spirit yang dikhususkan bagi kamu yang bekerja di instansi terkait untuk meraih mimpi studi di Belanda.

Universitas di Belanda | foto : primaradio.co.id

Beasiswa-Beasiswa dari Universitas Belanda

Buat kamu yang berprestasi namun tidak/belum eligible untuk mendaftarkan diri di berbagai Program beasiswa yang disebutkan di atas, jangan patah arang dan hilang harapan karena hampir semua Universitas Belanda menawarkan program Beasiswa yang mengutamakan prestasi. Kebanyakan dari Beasiswa berbagai Universitas di Belanda memang tidak memerlukan persyaratan khusus bekerja di organisasi seperti apa atau sudah berapa lama bekerja di sebuah perusahaan, beasiswa ini diberikan lebih melihat prestasi dan rekam jejak pendidikan serta mempertimbangkan Motivational Letter yang dibuat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading