Sukses

Lifestyle

Studi, Rajin Menulis Mempertajam Kemampuan Otak

Fimela.com, Jakarta Karena sudah tergantung sama teknologi mulai dari HP sampai laptop, kegiatan menulis dengan pena dan kertas semakin jarang dilakukan. Padahal, menurut sebuah penelitian di Universitas Princeton dan Universitas California di Los Angeles menemukan, ketimbang mereka yang mengetik, orang-orang yang menulis tangan mampu menangkap pelajaran lebih baik, menyimpan informasi lebih lama, dan lebih mudah memahami ide-ide baru.

"Menulis tangan membuat fungsi otak yang berkaitan dengan kemampuan belajar menjadi lebih tajam ketimbang saat mengetik," kata psikolog pendidikan Kenneth Kiewra di University of Nebraska di Lincoln, yang mempelajari perbedaan dalam menulis dan pengaturan informasi dilansir dari nationalgeographic.

Penelitian itu itu juga diamini psikolog kognitif Michael Friedman dari Harvard University "Menulis tangan adalah proses yang cukup dinamis, Anda memproses ulang apa yang Anda dengar dalam pikiran Anda." Ujarnya.

Ilustrasi menulis | Foto: via Liputan6.com

Peneliti melaporkan, studi tersebut melibatkan 80 siswa dan telah diterbitkan dalam Journal of Educational Psychology. Peneliti mendapati, orang yang mencatat dengan keyboard cenderung akan lupa tentang materi yang dicatat dalam waktu 24 jam. Sebaliknya, mereka yang mencatat dengan tangan bisa mengingat materi kuliah lebih lama, bahkan hingga seminggu kemudian.

Ilustrasi menulis | foto : Psikologi Kita

Menurut para peneliti, menulis dengan tangan membuat otak lebih terorganisir dalam merekam memori, sehingga ingatan tentang materi yang ditulis menjadi lebih lama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading