Sukses

Lifestyle

Menilik Asal Usul April Mop

Fimela.com, Jakarta April Mop tak lagi jadi bunyi asing di telinga. Setiap hari pertama di bulan ke-4, sebagian orang kedapatan melancarkan lelucon bertameng perayaan yang juga disebut sebagai April Fools' Day tersebut. Jadi, bagaimana sebenarnya April Mop bermula?

Percaya atau tidak, latar belakang peringatan anual yang satu ini belum jua diketahui secara pasti. Pasalnya, terdapat sejumlah teori yang kerap dilekatkan dengan asal mula April Mop. Pendapat paling populer, yaitu saat Perancis berganti perhitungan tanggal dari Julian ke Gregorian di tahun 1528 yang menyebabkan perayaan Tahun Baru bergeser dari 1 April ke 1 Januari.

Ilustrasi April Mop. (Tumblr)

Beberapa percaya, tradisi April Mop bermula saat sejumlah orang masih merayakan Tahun Baru pada 1 April, lantaran mereka belum mendengar pengumuman perubahan kalender. Seperti dimuat metro.co.uk, pihak yang sudah tahu kemudian menertawakan dan mengerjai dengan menempelkan kertas bertuliskan Poisson d'Avril di punggung orang-orang yang merayakan Tahun Baru pada awal April.

Sementara itu, sebagian orang percaya April Mop sebenarnya berhubungan dengan kebiasaan masyarakat Romawi menyamar saat menyelenggarakan Festival Hilaria. Berdasarkan laporan Time.com, festival yang juga disebut Roman Laughing Day ini sebenarnya terselenggara pada 25 Maret, namun kebanyakan orang pada masa itu terus mengenakan kostum penyamaran hingga 1 April.

Ilustrasi April Mop. (Pinterest)

Selain Hilaria, perayaan April Mop juga kedapatan dikaitkan dengan Festival Holi di India dan Sizdahbedar dalam budaya Persia di mana partisipannya akan memainkan jebakan satu sama lain. Jadi, teori mana yang menurutmu paling mendekati?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading