Sukses

Lifestyle

Manfaat Besar Menanyakan Apa yang Dibutuhkan Pasangan Darimu

Fimela.com, Jakarta Bagaimana perasaanmu saat bertengkar dengan orang yang sangat kamu cintai seperti pasangan, orang tua, atau sahabat? Pasti gundah nggak karuan. Di satu sisi kamu nggak ingin kalian berdua terus menerus terbalut emosi, di sisi lain mungkin ada satu nilai yang kamu pegang dan ingin kamu pertahankan. Tapi, mempertahankan nilai yang kamu yakini kebenarannya tersebut nggak harus selalu dilakukan dengan menyalahkan nilai 'lawan'-mu kok, yang perlu kamu lakukan adalah berkompromi.

Dalam menjalani hubungan asmara, terkadang bersikukuh mempertahankan nilai yang kamu pegang hanya akan membuat suasana semakin tegang. Betul, pertengkaran memang bisa merekatkan hubungan kalian lebih kuat, tapi jika nggak dihadapi dengan cara yang tepat malah bisa memperburuk. Alih-alih menutup segala kemungkinan dan mempertahankan pendapatmu mati-matian, cobalah untuk membuka mata, hati, dan telingamu lebih lebar untuk memahami pendapat pasanganmu.

Siapa sangka menanyakan apa yang dia butuhkan bisa bermanfaat besar bagi hubunganmu? (Foto: Huffington Post)

Jangan cuma menuntut apa yang kamu butuhkan, tapi coba belajar untuk mengerti apa yang dibutuhkan dia darimu. Tanyakan padanya, "apa yang kamu butuh dari aku?"

Kamu pasti nggak menyangka kalau pertanyaan sesederhana itu bisa cepat memutarbalikkan keadaan. Begini penjelasannya:

Pentingnya Menanyakan Apa yang Dibutuhkan Pasangan Darimu

1. Pertanyaan "apa yang kamu butuh dari aku?" akan membalikkan pandanganmu dari 'menjelaskan apa yang kamu inginkan' ke 'memahami apa yang dia butuh'. Itu dibutuhkan dalam hubungan sebab untuk membangun hubungan yang baik, komunikasi harus berjalan dari dua arah. Memberinya kesempatan untuk menjelaskan apa yang dimau akan sangat membantu!

Siapa sangka menanyakan apa yang dia butuhkan bisa bermanfaat besar bagi hubunganmu? (Foto: marriagemadebetter)

2. Membantumu mudah menangkap sumber masalah. Ketika kamu dan pasangan sudah terbiasa menjalani hari-hari bersama, kalian akan mudah kehilangan perhatian terhadap detail dalam hubungan. Akibatnya, saat menghadapi masalah akan lebih sulit mencari di mana sumbernya dan dari mana bisa dimulai penyelesaiannya. Dengan bertanya "Apa yang kamu butuh dari aku?" ke pasangan, kamu akan kembali menemukan sumber permasalahan dengan mudah.

Kenapa Menanyakan Apa yang Dibutuhkan Pasangan Darimu Bisa Memperbaiki Hubungan?

3. Pertanyaan "Apa yang kamu butuh dari aku?" akan menunjukkan kesediaan untuk mengubah. Tapi ingat, "Apa yang kamu butuh dari aku?" dengan "Mau kamu apa, sih?" itu berbeda, ya. "Mau kamu apa, sih?" justru akan menunjukkan kalau kamu kurang pengertian, sedangkan "Apa yang kamu butuh dari aku?" akan menunjukkan bahwa kamu bersedia membantu agar ia bisa mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Siapa sangka menanyakan apa yang dia butuhkan bisa bermanfaat besar bagi hubunganmu? (Foto: pexels.com)

Menanyakan apa yang pasanganmu butuhkan darimu menunjukkan bahwa kamu peduli terhadapnya. Sangat peduli sampai kamu ingin tahu apa yang dia butuhkan dari kamu. Mungkin dia nggak akan langsung menyadari ini sebagai kepedulian, tapi cepat atau lambat dia akan merasakan.

Next time kamu berada di tengah pertengkaran dengan pasanganmu, tanyakan "apa yang kamu butuh dari aku?" dengan nada paling lembut yang bisa kamu berikan. :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading