Sukses

Lifestyle

4 Fakta Pil KB yang Para Cewek Harus Tahu

Fimela.com, Jakarta Pernikahan dan seks, bukan lagi jadi pembicaraan orang dewasa. Dua topik yang hampir nggak bisa terpisah ini memang harus para cewek-cewek ketahui. Apa lagi buat kamu yang mau atau sudah menikah. Berbicara soal pernikahan di usia muda, nggak bisa lepas dengan Keluarga Berencana, atau KB. Secara, selain pemerintah menyarankan hanya memiliki 2 orang anak, tapi ada baiknya kamu memikirkan juga soal karier yang baru saja kamu rintis. 

Makanya, nggak sedikit pengantin baru yang masih muda berdiskusi dengan para dokter kandungan dalam memilih program KB. Kamu mungkin pernah dengar yang namanya pil KB. Tapi, kamu harus tahu kalau brith control bukan cuma berbentuk pil. Dilansir dari Teen Vogue, ada banyak jenis program KB, yang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi dan juga perencanaanmu dengan pasangan. 

Tapi, pil KB merupakan jenis yang paling umum dan KB yang cukup tua. Teen Vogue menulis, metode pil KB sudah ada sejak tahun 1960-an dan metode KB yang paling mutakhir dan ampuh di abad-20. 

Pil KB | via: health.com

Meskipun ampuh, tapi agak repot cara penggunaannya. Kamu harus mengonsumsi pil KB ini setiap hari agar tidak terjadi pembuahan. Di dalam pil tersebut terkandung progrestin. Ada juga pil yang mengandung estrogen dan progrestin. Pil ini menghentikan telurmu lepas dari ovarium. Sehingga kamu nggak akan hamil selama kamu mengonsumsi pil ini. 

Meskipun penggunaannya mudah, ampuh, dan banyak cewek yang menggunakannya, pil KB ternyata juga punya efek samping. Teen Vogue menulis, pil ini membuatmu keputiha, payudara menjadi sensitif, muntah-muntah, dan perut kembung. Tapi jangan khawatir. Karena, efek samping ini akan hilang. Biasanya, cewek yang sudah mengonsumsi pil KB selama 2 bulan, sudah tak akan merasakan efek samping tersebut. Tapi kamu harus ingat dan terus memantau tubuhmu sendiri. 

Pil KB | via: health.com

Kalau ada perubahan pada tubuhmu yang nggak biasa, contohnya perut bawah sakit, migrain, atau ada benjolan pada payudara, sebaiknya kamu periksakan ke dokter. Jangan malas atau takut, ya. Karena, efek samping ini nggak biasa dan takutnya menimbulkan efek buruk yang akan memicu penyakit. Pada saat kamu memutuskan untuk mengonsumsi pil KB ini, kamu harus disiplin dan jangan pernah lupa. Karena kamu harus minum pil ini setiap hari, pada waktu yang sama. Jadi, jangan sampai salah jam, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading