Sukses

Lifestyle

5 Tempat di Indonesia yang Mirip Destinasi Terkenal Negara Lain

Fimela.com, Jakarta Indonesia dikaruniai alam yang memukau, begitu memukau. Panoramanya membuat suka memenuhi tiap arteri setiap kali melihat langsung. Eksotismenya membuat decak kagum terucap dengan begitu ringan. Mungkin akomodasinya belum sememadai Malaysia. Infrastrukturnya pun terbilang masih tertinggal dari Singapura.

Namun sebagaimanapun sulitnya, alam Indonesia tak pernah gagal menimbulkan ingin untuk kembali. Pulang ke biru laut menawan, bersua lagi panorama ketinggian berhias bentang alam menakjubkan, juga sunggingkan senyum untuk warga lokal tiap kali berpapas di jalan. Berhiaskan ragam destinasi, bosan akan menguap jauh dari atmosfer Indonesia.

Tapi di antara buaian eksotisme tiada akhir, sadarkah kamu bila Indonesia punya sejumlah tempat yang mirip dengan destinasi terkenal di negara lain? Mungkin tak sama persis, namun bila dilihat selintas, kemiripan muncul di antara keduanya. Coba perhatikan tempat-tempat ini untuk menemukan di mana kesamaan mereka dengan destinasi di negeri orang.

Lembah Bada, Sulawesi Tengah. (amincun/Instagram)

Pulau Paskah. (loic80l/Instagram)

Lembah Bada, Sulawesi Tengah. Merupakan bagian dari Taman Nasional Lore Lindu, Lembah Bada jadi rumah bagi sederet peninggalan megalitikum berupa batu-batu besar yang memuat misteri kejayaan suku Napu, Besoa, dan Bada.

Keberadaan ribuan artefak dan patung megalitikum di kungkungan lanskap memukau membuat Lembah Bada punya rupa yang hampir mirip dengan wilayah di selatan Samudra Pasifik, Pulau Paskah. Bahkan, beberapa orang kerap mengaitkan keberadaan patung kuno di Lembah Bada dengan yang ada di Pulau Paskah. 

Hawaii atau Sintang?

Bukit Kelam, Kalimantan Barat. Susuran tangga besi yang jadi jalur pendakian di Bukit Kelam, Sintang, Kalimantan Barat, membuatnya serupa dengan Muliwai Trail nun jauh di Hawaii sana. Sama-sama punya pola tangga meliuk dan naik-turun, pengalaman mendaki di titian macam ini dijamin sanggup memberi pengalaman dan ketegangan berbeda.

Bukit Kelam, Sintang, Kalimantan Barat. (kopi_lugu/Instagram)

Muliwai Trail, Hawaii. | via: lifehack.org

Karena parasnya pula yang berupa batu monolit, Bukit Kelam juga kerap disandingkan dengan Ayers Rock di Australia. Meski dikatakan mirip dengan ini dan itu, batu raksasa berjarak 20 kilometer dari pusat kota Sintang ini tetap memiliki pesona sendiri yang hampir tak mungkin didapat di tempat manapun di Bumi.

Pulau Sombori, Sulawesi Tengah. Dengan parasnya yang berupa bukit karang menyerupai titik-titik pulau kecil di hamparan biru memukau, Pulau Sombori sekilas mirip dengan Palawan, destinasi bahari andalan Filipina.

Pulau Sombori, Morolawi, Sulawesi Tengah. (frauleinjill/Instagram)

Palawan, Filipina. (warrencamitan/Instagram)

Selain menawarkan pemandangan laut nan memukau, kamu pun bisa (bila beruntung tentu saja) bersua dengan Suku Bajo, kelompok masyarakat nomaden yang tinggal di atas perahu. Baru diperkenalkan sejak dua tahun lalu, tempat ini pun dikatakan serupa dengan Phi Phi di Thailand.

Menikmati Panorama Pagi khas Bagan, Myanmar

Punthuk Setumbu, Jawa Tengah. Matahari terbit mulai menyeruak, menyebarkan hangat di antara hembus angin dingin nan menggigit yang betah memenuhi Magelang sedari dini hari. Samudra awan perlahan turun untuk nantinya hilang sama sekali.

Punthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah. (panwis.com)

Bagan, Myanmar. (Youtube)

Tunggu dulu, panorama ini sepertinya familiar. Bagi kamu yang sudah menghabiskan pagi di Bagan, Myanmar, maka bentang pemandangan Punthuk Setumbu sekiranya jadi scene serupa. Bedanya, tak ada balon udara yang terbang di langit Magelang saat fajar.

Lembah Harau, Sumatera Barat. Dikepung bebatuan granit raksasa, paras Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat ini dikatakan serupa dengan  Lembah Yosemite di timur California, Amerika Serikat.

Lembah Harau, Sumatera Barat. (sbsgrouptour.com)

Lembah Yosemite, Amerika Serikat. (cntraveler.com)

Bak latar negeri dongeng, panorama lembah ini jauh, begitu jauh, dari deskripsi padat, ramai dan sibuk. Bentang hijau dengan sesekali diselingi warna-warni dari batu dan rumahlah yang sanggup memanjakan tiap pasang mata pelancong. Baik versi Indonesia, maupun Negeri Paman Sam, keduanya sama-sama memukau.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading