Sukses

Lifestyle

Cewek Korban KDRT Jangan Takut Usut Kasusmu

Fimela.com, Jakarta Di zaman yang menjunjung tinggi emansipasi wanita ini nyatanya tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) kepada kaum hawa masih terus terjadi. Korbannya pun tak hanya kalangan orang biasa, tetapi juga para selebriti.

Melansir Antara, Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan mencatat ada 259.150 kasus kekerasan terhadap perempuan sepanjang tahun 2016. Data tersebut diperoleh dari 358 Pengadilan Agama dan 23 mitra lembaga Komnas Perempuan yang terdapat di 34 provinsi di Indonesia.

Ilutrasi KDRT. (via indiatvnews)

Mengerikan nggak sih melihat angka kekerasan pada perempuan setinggi itu? Dari angka tersebut pun tak menutup kemungkinan ada mereka para korban yang tak melaporkan kasus kekerasan yang dialaminya.

Berkenan dengan maraknya kasus KDRT, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama pun berencana akan membuat Pergub mengratiskan visum untuk para cewek korban KDRT. "Sekarang visum itu masih bayar, kita akan siapkan Peraturan Gubernur (Pergub) agar rumah sakit dan Puskesmas enggak bayar untuk visum," ucap Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2017) dilansir dari Liputan6.com.

Ilutrasi KDRT. (via. fanpop)

Tak sampai disitu, Gubernur DKI yang akrab disapa Ahok ini juga akan menyiapkan tempat tinggal untuk mereka para korban KDRT. Nantinya mereka akan tinggal disebuah tempat tinggal bersama anggota TNI dan Polri, dengan tujuan memberikan rasa aman dibanding harus tinggal sendiri di rumah. 

Terkait rencana tersebut, Ahok mengatakan telah melakuakan kerjasama dengan TNI dan Polri untuk menampung para korban KDRT. "Sekarang itu mereka (anggota TNI dan Polri) tinggal di asrama, nanti akan ada apartemen khusus untuk mereka. Dengan perjanjian mereka harus menyisihkan beberapa unit untuk tempat tinggal wanita korban KDRT. Kalau di apartemen TNI dan Polri memang berani buat ketemu?" tuturnya.

Jangan Ragu Ungkap dan Tolong Korban KDRT

Nah buat kamu yang menjadi korban KDRT di Jakarta khususnya sekarang jangan lagi ragu untuk mengungkap kasusmu, terlebih dengan adanya fasilitas perlindungan bagi para korban KDRT.

Tapi kalau kamu mengetahui ada teman atau orang terdekatmu yang mengalami KDRT, kamu juga bisa ikut membantu mereka kok. Bingung bagaimana harus membantu mereka? Kamu bisa ikuti cara berikut ini.

Ilustrasi kemarahan. (via. Pinterest)

1. Menjadi pendengar. Ya, mereka butuh teman untuk mendengar kisah dan kesakitan yang dialami. Disini kamu bisa berperan sebagai pendengar yang baik, kamu bisa mengapresiasi mereka karena tak banyak cewek yang berani mengungkapkan masalah seperti ini.

2. Yakinkan kalau Anda percaya dengan kisah tragisnya. Mungkin kamu bertanya mengapa kamu harus melakukan hal tersebut, karena ternyata hal ini sangat berarti bagi mereka yang mengalami KDRT. Tak sedikit dari mereka yang mengalami KDRT takut untuk mengungkap kasusnya karena merasa orang lain tak akan mempercayai kisah mereka. Setelah itu kamu bisa menawarkan mereka untuk melapor dan mengusut kasus mereka.

Ilustrasi kesedihan. (via. Pinterest)

3. Jangan memaksa. Saat mengetahui kisah orang terdekatmu yang mengalami KDRT mungkin kamu ingin membuat mereka segera mengusut kasusnya. Tapi nanti dulu, jangan paksa mereka untuk melakukan hal tersebut. Kamu bisa menanyakan langkah apa yang ingin ditempuh, biarkan dia memilih proses yang membuatnya mereka nyaman.

4. Bantu menemukan pertolongan. Kondisi mereka yang mengalami KDRT tentu tak karuan. Usahakan kamu juga ikut membantu mereka mendapatkan pertolongan dari ahli, saat ini ada banyak lembaga yang bergerak untuk melindungi dan memberikan tindakan lebih lanjut bagi korban KDRT.Ilustrasi kesedihan. (via. Pinterest)

5. Lindungi dirimu sendiri. Setelah membantu orang lain yang telibat kasus KDRT,  jangan lupa untuk melindungi dirimu sendiri. Kamu juga harus menjaga kondisi menta dan emosionalmu tetap stabil ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading