Sukses

Lifestyle

Ditolak Negeri, 3 Karya Anak Bangsa Ini Dihargai Negara Lain

Fimela.com, Jakarta Penemuan dan karya-karya dari Asia, Amerika, dan Eropa sering kali dipakai di hampir seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Mulai dari gerbong kereta, bahan bangunan, hingga alat sistem informasi. Tapi, sebenarnya kamu perlu berbangga, karena ternyata masih banyak anak bangsa yang karyanya sangat luar biasa. 

Seperti penemuan sejenis pohon yang ternyata bisa mengalirkan listrik. Juga ada penemuan lainnya yang juga merupakan hasil dari prakarya anak-anak sekolah. Tapi, mungkin penemuan mereka masih harus melalui pengkajian selanjutnya. 

Tapi, ada juga anak bangsa yang karyanya justru terkenal di luar negeri. Padahal, di Tanah Air, karya mereka terbilang sepi peminat. Meskipun tak semua karya anak bangsa mengalami hal seperti ini, tapi 3 karya ini patut diacungi jempol karena dapat penghargaan di luar negeri. 

1. Dr. Eng. Khoirul Anwar. Kamu mungkin kurang familiar dengan nama dan sosok pria ini. Tapi, kamu pasti kenal dengan karyanya yaitu cikal bakal lahirnya generaasi mobile 4G LTE. Dilansir dari salah satu media nasional, teknologi hasil buatan Khoirul banyak dipakai dan dikembangkan di berbagai negara.

Khoirul Anwar | Sumber Foto: buko-moto.blogspot.co.id

Dia, yang sebelumnya berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), mengembangkan karyanya ini di Jepang. Karyanya ini sebenarnya sangat memukau dan brilian. Namun, saat salah satu stasiun televisi mewawancarainya, dia mengatakan pemerintah kurang peka terhadap karya anak negeri. 

2. Mobil sport Selo bertenaga listrik karya Ricky Elson tak lolos saat uji emisi di Indonesia. Setelah 2 tahun menunggu perkembangan dari pemerintah Indonesia, Malaysia akhirnya 'meminang' Selo milik Ricky. Dilansir dari berbagai sumber, pemerintah Malaysia juga bersedia untuk memberikan fasilitas pengembangan Selo dan diteliti lebih lanjut. 

Ricky dan mobil Selo buatannya. | Sumber Foto: maxmanroe.com

3. Berbekal sampah kulit singkong, Randall Hartolaksono, berhasil menciptakan bahan anti api dan panas untuk mobil. Randall yang sempat berkuliah jurusan Teknik Mesin di University of London ini sukses dengan penemuannya. Soalnya, karyanya ini sudah dipakai di berbagai negara dan perusahaan-perusahaan mobil kelas atas nan ternama. Seperti, Petronas, dan Ford. 

Rendall dan penemuannya | Sumber Foto: Twitter.com/@EraBelajar

Sayangnya, karya Rendall ini belum memiliki sertifikat uji standar atau lisensi dari Indonesia. Padahal, karyanya sudah diuji di negara lain dan bahkan dipakai banyak perusahaan mobil. 

Nah, buat kamu yang punya banyak ide kreatif di bidang apa pun yang kamu minati, jangan segan untuk berusaha mewujudkannya. Meskipun sulit dikembangkan di Indonesia, ternyata karya anak negeri bisa, kok, survive di dunia. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading