Sukses

Lifestyle

Nggak Usah Dipelihara, Teman yang Sifatnya Begini Bakal Merugikan

Fimela.com, Jakarta Hidup selalu memberi banyak kejutan, dari yang menyenangkan sampai yang paling tidak menyenangkan. Kadang kita tidak bisa menerimanya, kadang kita hanya bisa pasrah. Satu hal yang pasti, semua selalu memiliki hikmah. Selalu ada pelajaran yang bisa diambil dari kejutan tersebut, termasuk ketika kamu menyadari bahwa seorang teman dekatmu, ternyata tidak sebaik yang kamu pikirkan selama ini.

Seringkali kita harus belajar yang benar dengan menemukan yang salah terlebih dahulu. Menemukan teman yang tidak sebaik kamu pikir selama ini akan membuatmu belajar untuk menjadi teman yang baik bagi temanmu yang lain.

Untuk kasus seperti ini memang tidak langsung disadari. Sebab kebaikan palsunya itu sampai mampu memanipulasi keadaan. Hampir sepanjang waktu kamu akan dibutakan olehnya, kamu tidak akan bisa melihat kenyataan yang ia sembunyikan di baliknya.

Sengaja atau tidak disengaja, sifat-sifat yang dimilikinya itu akan merugikanmu, girls. Seperti ini penjelasannya, sifat-sifat teman yang akan merugikanmu serta apa kerugiannya.

1. Teman yang selalu memujimu tanpa terkecuali. Kamu sadar kan, kamu punya situasi di mana dirimu sangat jauh dari kata layak untuk dipuji? Pasangan yang memuji terus-terusan pun bisa menghilangkan makna dari pujian, begitu juga dengan teman yang terus memuji tanpa terkecuali. Ketimbang tulus dari hati, lama-lama pujiannya akan terasa seperti 'menjilat'.

Ciri teman yang akan merugikanmu. (Foto: Unsplash.com/Armando Castillejos)

2. Teman yang selalu membelamu, bahkan ketika kamu salah. Mungkin untuk beberapa waktu kamu perlu hal ini, tapi sesungguhnya teman semacam ini akan membuatmu jadi keras kepala. Kamu akan malas introspeksi karena selalu dibohongi bahwa kamu benar, bahkan ketika kamu salah. Teman yang baik itu akan membelamu saat kamu benar, tapi tak segan menegurmu bila kamu salah.

Ciri-ciri teman yang akan merugikan. (Foto: Unsplash.com/Kendra Kamp)

3. Teman yang suka membicarakan aib orang lain di hadapanmu. Jangan langsung percaya jika dia bilang dia bicarakan itu kepadamu karena menurutnya kamu bisa jaga rahasia. Sebaiknya kamu berhati-hati, dia juga bisa sama teganya membicarakan keburukanmu ke orang lain, lho.

 Ciri teman yang akan merugikanmu. (Foto: Unsplash.com/Nathan Dumlao)

4. Teman yang tampak membeda-bedakan orang lain karena status sosial dan hartanya. Jangan lihat dia dari bagaimana dia memperlakukanmu, tapi lihat bagaimana dia memperlakukan orang lain. Dia bisa saja bersikap baik karena menurutnya kamu 'setara', tapi bagaimana dengan yang tidak? Bukan tidak mungkin, jika suatu saat dia merasa sudah 'lebih' dari kamu, dia akan memutuskan hubungan pertemanan dengan kamu.

Ciri teman yang akan merugikanmu. (Foto: Unsplash.com/Kendyle Nelsen)

5. Teman yang tukang copy cat. Terinspirasi, boleh. Copy cat, jangan. Kalau sering bersama memang kemungkinan akan 'senada' dalam berbagai hal jadi lebih besar. Apa-apa mirip, apa-apa sama, tapi copy cat itu lain hal. Selain bikin risih, cepat atau lambat teman yang copy cat juga akan merugikanmu, girls.

Ciri-ciri teman yang akan merugikan. (Foto: Unsplash.com/Lucas Pimenta)

6. Teman yang selalu menganggapmu saingannya. Hubungan pertemanan yang baik akan saling membantu untuk berkembang dan maju bersama, bukan malah menciptakan persaingan. Kalau dia sudah menganggapmu saingannya, berarti hubungan pertemanan kalian sudah tidak sehat.

Kalau kamu memiliki teman yang seperti ini, kamu harus lebih berhati-hati. Dia akan merugikanmu!

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Yuk, Intip 5 Tips Menghadapi Teman yang Super Moody