Sukses

Lifestyle

Eiko Ishioka dan 5 Kostum Peninggalannya dalam Film

Fimela.com, Jakarta Sejumlah karya seniman sohor asal Jepang, Eiko Ishioka tak hanya menghiasi sampul majalah atau cover album, tapi ia juga merancang kostum untuk film, pertunjukan teater dan seragam Olimpiade. Lahir dan dibesarkan di Tokyo, Ishioka memiliki karier yang cemerlang dalam dunia design grafis, padahal saat itu belum banyak wanita yang bekerja di industri tersebut.

Ishioka memulai kariernya dengan bekerja pada sebuah divisi advertising di perusahaan kosmetik Shiseido pada 1961 dan saat bekerja di sana ia berhasil menyabet empat piala berturut-turut untuk kategori “Japan’s Most Prestigious Advertising”. Semua karyanya yang dipublikasinya dalam iklan selalu menonjolkan sebuah tema yang sama, yakni berani, surreal, dan tak terduga.

Ishioka bekerja di periklanan selama lebih dari 20 tahun, sampai akhirnya sutradara Paul Schrader memilihnya untuk menjadi perancang produksi film “Mishima: A Life in Four Chapters” pada tahun 1985. Dan pada tahun itu karyanya memenangkan penghargaan khusus untuk kontribusi artistik di Festival Fim Cannes.

Karier Ishioka pun semakin bersinar, ia mendapatkan pengakuan global dengan diminta untuk merancang kostum peraih Academy Award Francis Ford Coppola dalam film Dracula, tahun 1992. Sepanjang kariernya ia sering kali bekerja sama dengan sutradara Tarsem Singh untuk merancang kostum beberapa film, termasuk “Mirror Mirrror” yang rilis pada 2012 lalu.

Salah satu konstribusi Ishioka yang paling mengesankan adalah sebagai direktur desain kostum untuk upacara pembukaan Olimpiade di Beijing pada tahun 2008. Eiko Ishioka meninggal pada tahun 2012 karena kanker pankreas yang dideritanya. Untuk kamu yang belum pernah mendengar tentang Ishioka, berikut ini beberapa kostum dalam film yang dirancang oleh Ishioka, seperti dilansir dari Mirror.co.uk, Kamis (13/7/2017).

1/ Sadie Frost in Dracula (1992)

Rancangan Eiko Ishioka. (Foto: Rex Features)

2/ Jennifer Lopez in The Cell (2000)

Rancangan Eiko Ishioka. (Foto: Rex Features)

3/ Justine Waddell in The Fall (2006)

Rancangan Eiko Ishiko. (Foto: Rex Features)

4/ Isabel Lucas in Immortals (2011)

Rancangan Eiko Ishioka. (Foto: Rex Features)

5/ Julia Roberts in Mirror Mirror (2012)

Rancangan Eiko Ishioka. (Foto: Rex Features)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading