Sukses

Lifestyle

Keseringan Bilang Maaf akan Membuatmu Hubunganmu Kehilangan Ini

Fimela.com, Jakarta Meminta maaf itu perlu, apalagi jika kamu telah melakukan sebuah kesalahan. Namun perlu diingat kata maaf yang mudah terucap sama sekali bukan pembenaran untuk berbuat semaunya sekalipun tahu itu salah, termasuk dalam hal-hal yang berkaitan dengan hubungan percintaan.

Meski kesalahan itu wajar dilakukan dan pacarmu punya kesabaran segudang untuk menerima dan memaklumi semua perlakuanmu, sesalah apapun itu, satu kesalahan dan satu maaf semestinya cukup memberikan pelajaran untuk menghindari hal serupa di lain waktu. Kesalahan yang dilakukan sekali, mungkin terjadi karena faktor situasi yang mendesak atau sekadar khilaf. Tapi jika hal serupa terulang lagi, hampir dipastikan itu adalah keputusan yang diambil dengan sengaja.

Memang, sih, maaf itu 'murah' karena mudah diucap. Tapi, apakah setiap maaf yang terucap selalu diucap dengan sungguh-sungguh? Apakah setiap maaf yang diberikan itu tulus dengan pengampunan dan jaminan bahwa hal tersebut nggak akan diungkit lagi? Sayangnya, nggak selalu.

Masih banyak orang yang mengucapkan maaf karena terpaksa. Masih banyak orang mengucap kata maaf padahal dia nggak tahu salah dia apa, akibatnya keadaan nggak berubah jadi lebih baik karena dia pun nggak tahu apa yang harus diperbaiki. Banyak pula kata maaf yang kehilangan makna, saking seringnya diucapkan untuk satu kesalahan yang sama.

Well, sebaiknya hal itu nggak terjadi. Saat kamu memberikan maaf pada seseorang yang bersalah padamu, berikan lah dengan tulus karena sebuah pengapunan. Kalau kamu yang memohon maaf atas kesalahan yang kamu lakukan pun demikian, ucapkan lah dengan tulus dan sungguh-sungguh lah memaknai kata maaf tersebut. Jangan menganggap enteng kata maaf atau kamu akan kehilangan tiga hal ini dalam hubunganmu.

1. Kesan baik di mata pasanganmu

Hal yang bisa hilang dari hubungan kalau kamu keseringan bilang maaf. (Foto: pexels.com)

Saat meminta maaf untuk satu kesalahan, mungkin pacarmu masih bisa memberikan maaf tersebut. Tapi jika kamu terlalu sering melakukan kesalahan dan dengan menganggap enteng soal maaf, tentu saja kesan yang didapat pacarmu atas dirimu akan berbeda.

2. Rasa hormat dari pacarmu

Hal yang bisa hilang dari hubungan kalau kamu keseringan bilang maaf. (Foto: pexels.com)

Salah satu aspek penting dalam hubungan adalah adanya sikap saling menghormati. Jika kamu menyepelekan pacarmu, dalam arti terus mengulang kesalahan dengan anggapan akan mudah mendapat maaf darinya, itu sama saja kamu nggak menghormati dia. Hal yang sama juga berlaku di dirinya untuk kamu. Keseringan minta maaf karena kesalahan yang berulang akan membuat kamu kehilangan rasa hormat darinya.

3. Kepercayaan

Hal yang bisa hilang dari hubungan kalau kamu keseringan bilang maaf. (Foto: unsplash.com/Chad Madden)

Apa yang bisa dipercaya dari seseorang yang terus menerus mengulangi kesalahannya? Ingat lho, girls, saat kepercayaan itu hilang, sesungguhnya kamu telah kehilangan hampir seluruh yang kamu miliki dalam hubunganmu.

Lebih baik, kamu bersungguh-sungguh saat minta maaf dan pastikan kamu belajar dari sana, serta nggak akan mengulanginya lagi. Jangan meremehkan kata maaf yang mudah diucap, atau kamu akan kehilangan hal-hal itu dari hubunganmu.

 

 



Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading