Sukses

Lifestyle

Catat Biar Nggak Lupa, 7 Agustus Nanti Ada Gerhana Bulan Parsial

Fimela.com, Jakarta Untuk kamu yang suka banget sama dunia astronimi atau hanya ingin sekadar melihat bagaimana wajah gerhana bulan parsial, maka tunggu tanggal 7 Agustus nanti ya. Gerhana Bulan parsial hanya bisa muncul bila dua peristiwa astronomi terjadi secara bersamaan. Pertama, Bulan dalam keadaan purnama. Kedua, saat Bumi bergerak antara bulan dan matahari.

Dilansir dari Infoastronomy.go.id, Jumat (4/8/2017), gerhana Bulan parsial akan terjadi selama dua hari, yakni 7 hingga 8 Agustus 2017. Pada 7 Agustus 2017 gerhana Bulan parsial akan berlangsung pada 22.50 WIB ketika Bulan mulai masuk ke bayangan penumbra. Lalu, sebagian kecil wajah Bulan mulai masuk bayangan umbra Bumi mulai pukul 00.22 WIB (U1) hingga 02.18 WIB (U4).

Supaya lebih puas lihat gerhana Bulan-nya maka kamu harus nunggu pukul 01.20 WIB, atau tepatnya pada 8 Agustus 2017 (Greatest). Gerhana Bulan kemudian akan berakhir sepenuhnya ketika Bulan meninggalkan bayangan penumbra Bumi pada pukul 03.50 WIB (P4).

Buat yang penasaran dengan gerhana Bulan parsial, tunggu tanggal 7 Agustus nanti ya. (Foto: primenewsghana.com)

Peristiwa gerhana Bulan parsial ini cukup aman dilihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu seperti binokuler atau teleskop. Tidak seperti gerhana Matahari yang membutuhkan kacamata berfilter khusus untuk melindungi mata kita dari bahaya silau Matahari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading